tiga

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Gubernur Sultra dipastikan hanya melantik Walikota Baubau definitif La Ode Ahmad Monianse dan Pj Bupati Buton Tengah Muhammad Yusuf pada Senin (23/05/2022). Bagaimana dengan pelantikan Pj Bupati Busel dan Mubar?

tiga
(kiri ke kanan) Pj Bupati buteng Dr Bahri, Gubernur Sultra H Ali Mazi, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Sekda Provinsi Asrun Lio mengatakan untuk Pj Bupati Busel dan Mubar belum dilantik serentak disebabkan Gubernur Sultra H Ali Mazi masih menelaah SK yang dikeluarkan oleh Mendagri terkait putusan PJ Bupati dua daerah tersebut.

“Untuk Pj Bupati Busel La Ode Budiman dan Pj Bupati Muna Barat Dr Bahari belum dijadwalkan akan dilantik. Sebab dua nama itu tidak diusulkan gubernur. Jadi masi ditelaah SKnya karena tidak memperhatikan usulan atau rekomendasi Pak Gubernur,” kata Asrun Lio, Sabtu (21/05/2022).

Untuk sementara, kedua daerah yang Pj Bupatinya belum dilantik, kata Asrun Lio, Gubernur Sultra Ali Mazi telah menunjuk pelaksana harian (Plh) Bupati agar roda pemerintahan di wilayah tersebut tetap berjalan normal.

Kabag Tata Pemerintahan Kota Baubau Karmin Kamil ketika dihubungi mendia ini mengatakan jadwal pelantikan Walikota Baubau definitif bersamaan dengan Pj Bupati Buteng sudah terjadwal akan dilaksanakan Senin (23/05/2022). Informasi itu didapatkan langsung dari protokol Gubernur Sultra yang saat ini sedang mempersiapkan acara pelantikan itu.

baca juga: Sekda Provinsi Asrun Lio Tegaskan Nama Pj Bupati Untuk Buteng, Busel, dan Mubar Tidak Mungkin Bocor ke Publik

Sementara itu, Plh Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Minggu (22/05/2022) mengatakan pelantikan walikota Baubau definitif dan Pj Bupati Buteng Muhammad Yusuf akan dilaksankan tanggal 23 Mei 2022, di Rujab Gubernur Sultra

“Waktunya mungkin sekitar pukul 10.00 WITA atau pukul 13.00 WITA. Nanti coba dicek lagi sama protokoler,” katanya ketika diwawancara disela-sela kesibukannya. (***)