F 01.1 HL

Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP- Sebuah mobil Mistsubishi Pickup 300 L dengan nomor polisi DT 8990 AG ‘terjun bebas’ ke laut di Pelabuhan Murhum Kelas II A Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat sedang akan mengangkut Sembako. Sopir pickup dan salah seorang anak buah kapal (ABK) ikut jatuh ke laut saat peristiwa itu, Senin (8/8/2022) sekitar pukul 07.40 WITA.

F 01.1 HL

Mobil ini terjun bebas hingga jatuh di kedalaman kurang lebih 15 meter, diduga akibat kelalaian sang sopir saat hendak memarkirkan kendaraan tersebut. Peristiwa itu dibenarkan Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas ll Pelabuhan Murhum Baubau Marwan Rasyid.

“Pagi tadi ada kendaran yang jatuh di Dermaga Pelabuhan Murhum KSOP Kelas ll Baubau,” ucapnya. Kecelakaan tunggal ini terjadi, kata Marwan, diduga akibat kelalaian dari sang sopir saat akan memarkirkan kendaraan itu di area Dermaga Pelabuhan Murhum.

Dia mencertiakan mobil ini awalnya dikendarai Yanto, untuk mengangkut barang dari atas kapal KM 577. Namun setelah tiba di dermaga, kata dia, Yanto di gantikan rekannya bernama Burhanuddin untuk memarkirkan mobil itu di dekat Kapal KM 557.

“Namun saat diparkir, mobil tiba-tiba melaju kedepan. Pengendara ini sempat menginjak rem, namun mobil tersebut tetap tercebur ke laut,” ungkapnya. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, mengingat saat sopir yang memarkirkan kendaraan itu langsung menyelamatkan diri.

Mobil itu kemudian dievakuasi dengan alat seadanya yang di bantu oleh sejumlah pekerja buruh serta petugas keamanan Pelabuhan Murhum.

Sementara itu, Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, mengatakan mobil tersebut hendak mengangkut sembako dari kapal kargo yang tiba di Dermaga 2 Pelabuhan Murhum. Sembako rencananya akan dibawa menuju Toko Harapan Baubau.

Dia menjelaskan, mobil yang dikemudikan Yanto Benamen (28) awalnya bergerak memasuki area Pelabuhan Murhum dan menuju Dermaga 2. Saat tiba di parkiran pelabuhan, anak buah kapal (ABK) bernama Bahar meminta untuk mengemudikan mobil tersebut. Ketika Bahar mengemudikan dan memutar ke samping kapal, dia kehilangan kendali sehingga mobil bergerak lalu jatuh ke laut.

“Pada saat Bahar memutar ke samping kapal, mobil langsung melaju dan jatuh ke laut. Mobil jatuh ke laut bersamaan dengan Bahar dan Yanto,” jelasnya.

baca juga: Siswa SMAN 1 Baubau M Abdul Laizati Lolos ke Babak Live Round The Voice All Star Indonesia Masuk Dalam Tim Isyana
Bahar dan Yanto berhasil menyelamatkan diri saat peristiwa itu. Erwin menyebut, sopir, pemilik pickup, dan personel Polsek Kawasan Pelabuhan Murhum sudah mengangkat mobil tersebut dari dalam laut.

“Mobil sudah berhasil diangkat oleh Bahar, Yanto, pemilik pickup, yang dibantu warga dan personel Polsek Kawasan Pelabuhan Murhum,” pungkasnya. (*)