F04.1 Ketua Lepidak Sultra La Ode Harmawan SHKetua Lepidak-Sultra, La Ode Harmawan SH

Peliput : Kasrun

BURANGA, PB – Ketua Lembaga Pemerhati Infrastruktur Daerah dan Anti Korupsi Sulawesi Tenggara (Lepidak-Sultra), La Ode Hermawan meminta Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah agar memberikan sanksi kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beristri lebih dari satu.

F04.1 Ketua Lepidak Sultra La Ode Harmawan SH
Ketua Lepidak-Sultra, La Ode Harmawan SH

Pasalnya, kata Mawan di Buton Utara ada beberapa PNS yang diduga beristri lebih dari satu. Mirisnya lagi, pegawai negeri sipil tersebut dilantik menjadi pejabat publik.

Diketahui, Ketentuan mengenai PNS beristri lebih dari satu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 1990 tentang Perubahan atas PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil.

baca juga: Wabup Butur Ahali Buka Musda KNPI ke IV, Berharap Dapat Gairahkan Organisasi

Kata Mawan, Pada Pasal 4 ayat 1 aturan itu disebutkan PNS pria yang akan beristri lebih dari satu wajib memperoleh izin lebih dahulu dari pejabat. Di ayat 2, PNS wanita tidak diizinkan untuk menjadi istri kedua/ketiga/keempat.

“Dapat juga terjadi dikalangan pejabat Pemda Buton Utara suka beristri lebih dari satu tanpa di dukung surat otentik yang dipersyartkan”, tulis Mawan melalui Press releasenya, Senin (22/08).(*)