F01.5 2

Pewarta: Amat Jr

Kepala Sekolah SMAN Negeri 1 Baubau Muhammad Radi SPd MMpd bangga dengan anak didiknya bernama Zahra Nisrina Yusuf (17) yang mengharimkan sekolahnya dengan lolos seleksi dalam pemilihan Duta SMA Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

F01.5 2
Zahra Nisrina Yusuf

“Saya bangga dengan prestasi anak didik kami Zahra Nisrina. Memang kami sudah mempersiapkan mereka sejak dari tahun lalu untuk menguikuti ajang SMA Nasional 2022,” kata Muh Radi, Senin (29/08/2022).

Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Atas, Rabu (24/8/2022), seorang pelajar SMAN 1 Baubau bernama Zahra Nisrina Yusuf (17) dinyatakan lolos seleksi dan bakal mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) pada ajang Pemilihan Duta SMA Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Ada beberapa rangkaian seleksi, yang harus dilewati Zahra dalam seleksi itu. “Tahap pertama kami harus menulis karya tulis dengan tema tertentu, dilengkapi dengan data diri. ” kata Zahra Senin (29/8/2022).

Zahra menjelaskan tahap pertama dia mengikuti seleksi pada 30 Mei – 18 Juli 2022. Ada 1.200 peserta yang ikut dan dinyatakan lolos seleksi ada 151 peserta. Kemudian, ditahap kedua dia mengikuti seleksi pada 21 – 28 Juli 2022, “Tinggal 66 orang yang dinyatakan lulus seleksi,” tuturnya.

Muh radi

lebih mendetail Zahra menjelaskan dalam tahap kedua ada pembutan video yang berisi penjelasan isi dari karya tulis yang dibawakan pada seleksi tahap pertama.

“Pada tahap kedua, dari 151 peserta hanya 66 orangs aja yang dinyatakan lulus. Alhamdulillah saya lolos mewakili Sultra ke ajang nasional bersama dengan satu wakil lainnya yaitu Jesica Maelani Putri dari SMAN 1 Kulisusu di Buton Utara,” tambah Zahra yang kini duduk di kelas XII.

baca juga: Tak Punya Ring Tinju Untuk Latihan, Arsis Jafar Latih Atlitnya di Pelataran Berumput Kotamara untuk Persiapan Porprof XIV Sultra tahun 2022

Zahra mengungkapkan Duta SMA ini nantinya akan menjadi role model bagi siswa-siswi atau teman sebayanya dan memberi contoh positif untuk para pelajar SMA yang ada sekitarnya(*)