F01.3 9

Laporan: Kasrun

BURANGA,BP – Wakil Bupati (Wabup) Buton Utara (Butur), Ahali bersama Ibu Amalia Ahali menghadiri pesta panen Desa Morindino, kecamatan Kambowa yang berlangsung di balai Desa, Minggu 27 November 2022.

Dikatakan, pesta panen tahunan digelar sebagai bentuk kecintaan terhadap leluhur Pemerintah Desa (Pemdes) dan Masyarakat Desa Morindino.

F01.3 9

Ahali yang juga mantan Kapolsek Kulisusu itu mengatakan, mewakili pemerintah daerah Butur mengucapkan, terimakasih kepada Pemdes dan warga Morindino yang telah bahu-membahu menyelenggarakan pesta panen serta menghadirkan para Kepala Desa Se-Kecamatan Kambowa.

Ahali mengungkapkan tradisi pesta panen patut dipertahankan dan dihidup-hidupkan, karena pesta panen merupakan bentuk pelestarian tradisi dan budaya leluhur kita secara turun temurun.

“Pesta panen ini prinsipnya ada tiga hal pokok, yakni sebagai ungkapan rasa syukur, sebagai kelanjutan pelestarian budaya dan sebagai alat pemersatu masyarakat. Rasa syukur kepada sang pecipta, patut kita berdoa masih diberikan kesehatan, keselamatan dalam menjalani putaran waktu saat masih kita berjumpa lagi untuk merayakan pesat tahunan,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Wakatobi itu.

Ahali menyebut, pesta panen yang digelar setiap tahun ini merupakan ajang pemersatu masyarakat dalam merajut kebersamaan di tingkat lokal desa.

“Kemudian sebagai ajang budaya yang turun temurun dari leluhur kita dan ada beberapa tradisi yang perlu kita pertahankan sebagai simbol kehidupan kita sebagai warga masyarakat Desa Morindono. Selanjutnya sebagai ajang persatuan dan kesatuan dalam merajut kebersamaan ditingkat lokal warga desa ,”jelas Ahali

Lebih lanjut Ahali mengajar, seluruh masyarakat Butur khususnya masyarakat Desa Morindono untuk selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah SWT agar hasil produksi pertanian kita lebih melimpah dan dijauhkan dari segala marabahaya.

“Mari kita selalu bersyukur atas karunia Tuhan dan selalu berdoa agar hasil produksi pertanian dan usaha lainnya lebih melimpah serta dijauhkan dari wabah dan mara bahaya, ” ajaknya.

Dalam momen tersebut Ahali juga menegaskan, kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa untuk menjaga keberlanjutan tradisi yang bisa mempersatukan dan mempererat tali silaturahmi antar sesama.

baca juga: Kapolres Butur Tatap Muka Dengan Anggota Bhayangkari Cabang Butur

“Harapannya kepada seluruh Pemdes khususnya di kecamatan Kambowa para kepala desa dituntut untuk selalu kreatif dan berinovasi dalam memajukan wilayahnya terutama dalam mensejahterakan warganya. tutup Ahali.(*)