01

Laporan: Ardi Toris

WAKATOBI, BP- Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Workshop Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Sub Sektor Film Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, berlangsung selama selama tiga hari dari tanggal 3-5 Desember 2022, di Patuno Resort, Kabupaten Wakatobi.

01

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Wakatobi Nadar SIp MSi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berlatar belakang pelaku kreatif sub sektor film dan komunitas film di Kabupaten Wakatobi dan sekitarnya.

“Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi, bapak Lianto Luseno, dan Riza Salman,” ucap Ketua Panitia Sri Resqina Ruspian Laydi, SIp, MSi, Minggu (04/12/2022) ketika diwawanca Baubau Post.

WhatsApp Image 2022 12 04 at 17.00.39

Adapun tujuan dari kegiatan ini, lanjut Sri Resqina, untuk menciptakan sumber daya manusia perfilman daerah yang memiliki kompetensi, berkualitas, kreatif, dan mampu bersaing dalam menghasilkan karya film.

“Sasarannya adalah kami berharap peserta mengetahui dan memahami tentang managemen produksi film, tekhnis penyusunan naskah film, dan peran penting sutradara dalam aspek kreatif pembuatan film,” tuturnya.

WhatsApp Image 2022 12 04 at 17.00.53

Dia pun menggambarkan ruang lingkup materi kegiatan antara lain mencakup pembahasan pengembangan kepariwisataan Provinsi Sulawesi Tenggara, pengantar film dokumenter dan UU perfilman, Okupasi dalam film dokumenter, tahapan pembuatan film dokumenter meliputi pra produksi dan pasca produksi, serta cinematography.

WhatsApp Image 2022 12 04 at 17.01.03

baca juga: Opening Ceremony Porprov Sulawesi Tenggara XIV di Kabupaten Buton Sukses di Gelar

Salah Satu pematri Riza Salman menjelaskan mengenai kamera, proses editing, treatrikal dan tekhnik audio. pada materi ini peserta diperkenalkan proses produksi film dengan menggunakan satu kamera. Selain itu juga peserta diperkenalkan lima jenis utama jepretan kamera. (***)