F08.1 Jembatan timbang kendaraan pelabuhan ferry batulo baubauJembatan timbang kendaraan pelabuhan ferry batulo baubau

Peliput: Saiful

BAUBAU, BP-Setelah kurang lebih 10 tahun tidak berfungsi, jembatan timbang kendaraan Pelabuhan Feri Batulo telah diaktifkan kembali sejak November 2022 setelah di perbaiki oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

F08.1 Jembatan timbang kendaraan pelabuhan ferry batulo baubau
Jembatan timbang kendaraan pelabuhan ferry batulo baubau

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Feri Baubau-Waara Bony Herya saat di temui Baubau post di kantornya Senin (9/01/2023) mengatakan jembatan timbang Pelabuhan Feri Batulo itu telah aktif sejak 1 November 2022 dan telah mendapat uji kelayakan dan sertifikasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kita gunakan sejak 1 November 2022. Kita fungsikan kembali setelah mendapat sertifikasi dari Dinas perindustrian dan perdagangan karena pada saat di gunakan harus di tera ulang agar tidak merugikan coustumer pengguna jasa ucapnya,” ucapnya.

Bony Herya juga mengatakan bahwa digunakannya jembatan timbang kendaraan itu karena sesuai dengan regulasi Pergub Nomor 655, dimana harus ada jasa timbang kendaraan. Dengan adanya jasa timbang kendaraan maka bisa mengetahui kapasitas berat kendaraan agar bisa naik di atas kapal.

” iya, kena retribusi karena Pergub 655 setiap kendaraan dikenakan retribusi berdasarkan golongan kendaraan hanya untuk kendaraan barang yang menggunakan jasa timbang dan untuk kapasitas timbang kendaraan itu maksimal sampai 30 ton,” jelasnya.

baca juga: Dishub Provinsi Sultra Abaikan Rusaknya Pagar Jembatan Penyebrangan Ferry Baubau-Waara

“Dengan adanya jembatan timbang itu kegunaannya bisa diketahui berat kendaraan barang yang lewat di jembatan penyebrangan agar sesuai dan tidak merusak fasilitas yang ada di dalam pelabuhan. Jika melebihi dari berat beban maka kita akan tolak,” tutupnya.(*)