F0.00 Mobil Honda Jezz Silver yang jatuh di laut di kawasan kotamara Baubau berhasil dievakuasi setelah 4 jam tenggelam.Foto Ardi TorisMobil Honda Jezz Silver yang jatuh di laut di kawasan kotamara Baubau berhasil dievakuasi setelah 4 jam tenggelam.Foto Ardi Toris/Baubau Post

  • Pengendaranya Wanita yang memuat dua rekannya juga wanita

Laporan: Ardi Toris

SEBUAH mobil merek Honda Jazz berwarna silver dengan nomor polisi DT 1723 CG terjatuh di laut di kawasan Kotamara di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (14/01/2023) sekitar pukul 13.30 WITA. Mobil ini dikendarai seorang wanita yang membawa dua rekan yang juga wanita.

F0.00 Mobil Honda Jezz Silver yang jatuh di laut di kawasan kotamara Baubau berhasil dievakuasi setelah 4 jam tenggelam.Foto Ardi Toris
Mobil Honda Jezz Silver yang jatuh di laut di kawasan kotamara Baubau berhasil dievakuasi setelah 4 jam tenggelam.Foto Ardi Toris/Baubau Post

Menurut saksi mata sekaligus salah satu pemuda yang menolong tiga wanita itu ketika mobilnya terjun di laut, mobil yang mengarah ke Kotamara yang jalan dari jembatan gantung tiba-tiba saja bergerak kencang ketika berada di pembelokan jalan masuk menuju Kotamara. “Mobilnya tiba-tiba bergerak cepat kearah laut dan langsung masuk ke laut,” ucap salah satu pemuda yang turun menyelam menolong tiga wanita bernama Raji, ketika ditemui dilokasi kejadian.

Raji pun menceritakan dia bersama dua pemuda lainnya langsung terjun ke laut dan menolong tiga wanita tersebut. “ketika turun menolong pintu mobil tertutup. Beruntung kaca cendela mobilnya terbuka sehinga kami berusaha mengeluarkan ketiganya melalui jendela. Alhamdulilah ketiga bisa kita selamatkan,” tuturnya.

Sang pengemudi pun terlihat shock, trauma, dan stres ketika masih berada dilokasi. Ketiganya menutup wajahnya sambil menangis. Kerabat dekatnya pun datang menjemput mereka dan membawanya pergi dari lokasi kejadian.

Untuk mobilnya, warga sudah berupaya menarik pakai tali. Tapi tidak bisa tertarik. Sehingga pada awalnya ada tim dari Damkar Kota Baubau yang berupaya turun membantu menarik mobil tersebut. Namun karena ada perdebatan di lokasi terkait dengan cara Damkar menarik mobil tersebut bisa mengakibatkan kerusakan parah pada bodi mobil, maka dua jam menunggu keputusan apakah ada cara lain seperti mendatangkan mobil dari PLN yang dapat menarik dengan aman mobil tersebut, namun sampai dengan pukul 15.25 WITA tidak dapat datang membantu.

Akhirnya dengan bantuan Polantas dan pihak keluarga yang mendatangkan mobil foreclift dalam waktu kurang lebih 2 jam tepatnya sekitar pukul 17.00 WITA mobil itu sudah bisa dievakuasi. Saat dievakuasi mobil terlihat pada bagian kaca depan pecah dan bamper mengalami kerusakan parah.

Mobil honda jazz silver akhirnya berhasil dievakuasi aetelah 4 jam berada di dalam lau di Kota Baubau. Kondisi mobil pin terlihat rusak parah pada bagian bamper dan kaca bagian depan pecah.

baca juga: Beri rasa aman, Polsek Bungi Lakukan Pengamanan Ibadah Hari Raya Kuningan di Ngkaring-Ngkaring

Ketika mobil berhasil ditarik naik ke daratan dengan menggunakan foreclift masyarakat yang menyaksikan pun bertepuk tangan. Mobil pun langsung dibawa ke Bengkel di Lorong Kehutanan.(*)