F01.3AAnggota DPRD Baubau berpose bersama Anggota dewan Kota Anyang dan Mahasiswa dari Korea Selatan di Kantor DPRD Baubau, Kamis (1/2/2023). Foto Adnan/Baubau Post

Laporan: Adnan

BAUBAU, BP – DPRD Kota Baubau menerima kunjungan Anggota Legislatif Kota Anyang di Korea Selatan yang datang bersama 18 Mahasiswa asal Negeri Ginseng itu, di Kantor DPRD Baubau, Kamis 2 Februari 2023.

F01.3A
Anggota DPRD Baubau berpose bersama Anggota dewan Kota Anyang dan Mahasiswa dari Korea Selatan di Kantor DPRD Baubau, Kamis (1/2/2023). Foto Adnan/Baubau Post

Kedatangan mereka ke Kota Baubau sendiri dalam rangka pertukaran budaya antara Kota Baubau dan Kota Anyang. Dipilihnya Baubau karena aksara Korea sudah dikenal di masyarakat Baubau.

Kunjungan tersebut juga sebagai bentuk mempererat hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia yang tahun 2023 sudah berlangsung selama 50 tahun.

F01.3B
Suasana pertemuan sekaligus dialog antara Anggota DPRD Baubau bersama Anggota DPR Kota Anyang dan Mahasiswa dari Korea Selatan. Foto Adnan/Baubau Post

Besarnya potensi Sumber Daya Alam di Baubau juga jadi pertimbangan mereka menginjakkan kakinya di kota pemilik benteng terluas di dunia ini. Sehingga kedepan ada peluang melakukan investasi di Baubau.

“Kami berharap hubungan baik ini terus terjalin kedepannya,” kata Anggota Dewan Kota Anyang, Kim Do Yeong melalui juru bahasa.

Saat pulang ke Korea Selatan nanti dia berjanji menjajaki kerja sama dalam bidang lain dan bakal melakukan rapat dengan rekan-rekannya untuk mengajak perusahaan-perusahaan disana berinvestasi di Baubau.

Kunjungan mereka disambut Ketua DPRD Baubau Zahari dan sejumlah anggota dewan yang lain. Selama ini kata dia warga Korea Selatan sudah tak asing di Baubau karena telah lama melakukan kerja sama.

“Mudah-mudahan kunjungan ini makin mempererat hubungan baik masyarakat Baubau dengan Korea Selatan,” kata Zahari.

F01.3C
Suasana pertemuan sekaligus dialog antara Anggota DPRD Baubau bersama Anggota DPR Kota Anyang dan Mahasiswa dari Korea Selatan. Foto Adnan/Baubau Post

baca juga: Walikota La Ode Ahmad Monianse Berhentikan Roni Muhtar dari Sekda Baubau, Tamsir Tamim Jadi Pelaksana Harian

Zahari sendiri saat dialog meminta Anggota Dewan Kota Anyang berinvestasi di Baubau. Misalnya di bidang perikanan, dimana potensi perikanan di Baubau sangat besar namun kurang dari sisi infrastruktur dan teknologinya.

“Fasilitasnya kita minim, kalau kita belum mampu siapa tau mereka bisa bangun fasilitas itu,” paparnya.(*)