F01.4 Kepala Sekolah SMPN 1 Batauga Wa Ode SaniartiKepala Sekolah SMPN 1 Batauga Wa Ode Saniarti

Laporan: Ardi Toris

BUSEL, BP- Bangunan rapuh di SMPN 1 Batauga butuh penangan cepat dari pihak Pemda Busel karena dinilai sangat membayakan. Bangunan itu merupakan bangunan lama yang dibuat sejak tahun 1976.

Kepala Sekolah SMPN 1 Batauga Wa Ode Saniarti SPd MSi mengatakan pihaknya sudah mengusulkan agar penghapusan bangunan itu agar bisa diganti dengan bangunan baru yang berlantai dua.

F01.4 Kepala Sekolah SMPN 1 Batauga Wa Ode Saniarti
Kepala Sekolah SMPN 1 Batauga Wa Ode Saniarti. Foto Ardi Toris/Baubau Post

“Kalau lihat tang-tiang bangunan itu besinya sudah kelihatan. Memang ini bangunan lama yang didirikan sekitar tahun 1976. Jadi sudah saya usulkan untuk dihapus saja agar bisa didirikan bangunan baru. Namun bagian pencatatan aset mengatakan masih akan mengkaji apakah bangunan itu masih layak atau tidak,” jelas Wa Ode Saniarti, ditemui di ruang kerjanya, Senin (06/02/2023).

Dalam usulannya, lanjut Wa Ode Saniarti, bangunan baru yang direncanakan berlantai dua sehingga bisa menjadi icon bagi sekolah di Busel.

Pantauan media ini, tiang bangunan yang menopang bangunan itu memang betonnya sudah rapuh dan plafonnya pun sudah rusak berlubang sarta ditambal sulam.

baca juga: Halifi Bertekad Jadikan SDN 1 Lawela Sebagai Ikon Sekolah di Busel, Harus Ditata dan Dibenahi

Wa Ode Suniarti mengatakan saat ini bangunan itu hanya difungsikan sebagai gudang yaitu sebagai tempat penyimpanan barang-barang sekolah. “Tapi kalau bangunan ini diperbaiki apakah itu dibangun baru atau direnovasi maka akan menjadi bagus. Sampai saat ini kami masih menunggu apakah bisa segera direspon oleh Pemda atau diknas terkait,” harapnya. (*)