F0888

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Harga beras premium di Kota Baubau tiga bulan terakhir terus mengalami kenaikan secara perlahan-lahan dan memasuki pekan kedua bulan Februari 2023 harganya naik hingga Rp 20 ribu untuk 25 kg yaitu dari Rp 295 ribu per 25 kg menjadi Rp 315 ribu per 25 kg.

F0888
Kads Perindag Kota Baubau La Ode Ali Hasan

Kadis Perindag Kota Baubau La Ode Ali Hasan mengakui adanya kenaikan beras premium di Kota Baubau. Namun dalam pantauan pihaknya kenaikan harga beras di Kota Baubau berada pada kisaran Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu dengan ukuran yang sama yaitu 25 kg.

“Kenaikan harga beras ini terjadi secara nasional. Jadi bukan cuma di Kota Baubau saja yang alami ini. Saya menduga kenaikan harga beras secara nasional ini sebagai dampak dari naiknya harga BBM beberapa waktu lalu. Karena beras yang premium yang masuk di Kota Baubau ini ada yang berasal dari Makassar dan juga dari Konawe,” terangnya, kepada Baubau Post, Senin (06/02/2023).

Berbeda dengan beras medium, kata Ali Hasan, beras ini tidak mengalami kenaikan harga dan biasanya digunakan pemerintah untuk mengimbangi harga beras premium yang beredar di masyarakat bila terjadi lonjakan harga.

“Sekarang ini kalau beli beras medium di Bulog itu sudah bagus. Karena semua berasnya baru. Tidak seperti dulu, imagenya beras Bulog itu beras lama dan kualitasnya tidak bagus. Sekarang beda, beras medium sudah sama dengan beras premium,” jelas Ali Hasan.

Beras premium yaitu beras yang ada dipasaran dengan berbagai merek antara lain beras 788, merek maringki, merek bebek angsa, dan lain-lain yang sejenis. Sementara beras medium merupakan beras yang ada digudang Bulog.

Ali Hasan pun optimis harga beras premium tidak akan lagi mengalami kenaikan mulai pekan keempat bulan Februari apalagi kalau sudah memasuki bulan Maret 2023. Alasannya karena petani di Konawe awal bulan Februari 2023 sudah mulai melakukan panen padi. Dan Petani sawah di Makassar pada bulan Maret 2023 juga sudah mulai melakukan panen padi.

“Jadi kalau sudah panen maka stok beras yang masuk di Baubau ini kembali normal sehingga harga beras premium kemungkinan berhenti diharga yang ada sekarang atau bahakan juga kemungkinan bisa turun lagi,” ungkapnya.

Meski demikian, kata Ali Hasan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Bulod Subdivre Baubau untuk terus memantau harga beras premium di pasaran. “Kalau harganya naik sudah tidak wajar, maka kita akan melakukan operasi pasar. Kalau masih wajar kenaikan harganya maka kita belum lakukan operasi pasar, kasian pedagangnya kalau kita intervensi saat harga masih wajar,” tuturnya.

baca juga: Walikota Baubau Hadiri Gelar Apel Pasukan Ops Keselamatan Anoa 2023, Monianse Bacakan Amanat Kepolisian Sultra

Untuk menghadapi bulan Ramadhan, Ali Hasan mengatakan stok beras yang ada di Baubau masih aman. “Terakhir saya cek di Bulog Baubau, stok beras digudangnya ada sekitar 700 ton. Ini masih aman. Tapi nanti dikonfirmasi juga sama kepala Bulog terkait stok beras digudangnya,” tutupnya. (*)