F04.1 1

Pewarta: Rahman

BUTON, BP-Pj. Bupati Buton, Drs Basiran M.Si, menerima penghargaan terbaim kedua dalam pengelolaan dana desa Tahun Anggaran 2022. Penyerahan dilakukan ketika Pj. Bupati Buton menghadiri FGD Progress APBN dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi se-Kepulauan Buton di Villa Nirwana Baubau, Selasa, 14 Februari 2023.

F04.1 1


Acara yang diinisasi oleh KPPN Baubau ini dihadiri oleh Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pemberdaharaan Sultra, Kepala BPKAD se-Sultra, Kepala Pelayanan Pemberdaharaan Baubau, KPA Satker Vertikal Kementerian Lembaga Kepulauan Buton, Pimpinan PT, Pimpinan Lembaga Keuangan PNM, Pegadaian, dan Kantor Pos.
Walikota Baubau, La Ode Monianse dalam sambutannya mengatakan tahun ini kita akan dihadapkan pada upaya stabilitas tingkat inflasi yang diprediksi akan fluktuatif dan diperkirakan akan kembali ke sasaran optimal.
Hal ini dapat terwujud melalui sinergi yang erat antara lain subsidi energi pemerintah terutama yang berimbas pada kenaikan harga barang dan jasa, kenaikan terukur suku bunga Bank Indonesia, Koordinasi dan Kolaborasi TPID se-Kepulauan Buton dan aksi nyata pengendalian inflasi khususnya penguatan cadangan pangan lokal.
“Dengan kita cermati dinamika perekonomian tahun lalu kita optimis bahwa ekonomi wilayah Kepulauan Buton akan tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Walikota Baubau.
Dikatakan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kondusif pada tahun 2023 maka tetap perlu dilakukan koordinasi antara kebijakan fiskal dan moneter sebagai antisipasi tahun 2023 akan ketidakpastian perekonomian global yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu sinergitas dan inovasi adalah kunci untuk mampu bertahan dari dampak pandemi Covid -19 dan gejolak global dan tetap optimis bahwa stabilitas perekonomian akan tetap terjaga dan proses pemulihan perekonomian terus meningkat melalui sinergi yang baik antara pemerintah, perbankan, dunia usaha, akademisi, media, dan berbagai pihak.
Di tempat yang sama, usai pembukaan FGD tersebut kepada media, Pj. Bupati Buton mengatakan Pemkab Buton telah menandtangani MoU dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Buton terkait pengembangan dunia usaha di Kabupaten Buton. Kami yakin dengan Kadin Bugton yang dinakhodai LM Sumarlin yang telah mapan dalam usaha, akan smekakin meningkatkan investasi yang berimplikasi pafda peningkatan kesejahteraan rakyat.

baca juga: Ny. Deisy Natalia Rompas Basiran Apresiasi Karya Pengrajin Winning Mendaur Ulang Sampah
“Dalam waktu dekat akan menggunakan IKM dan mengembangkan olahan Pakan ternak dengan mendatangkan dedak dari daerah tetangga. Itu tanpa menggunakan APBD,” kata Pj. Bupati Buton.(*)