F01.2 4Ketgam:Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali dan Kepala Kesbangpol, Agus Priabudiman mengikuti rapat koordinasi nasional dengan Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB)

Peliput : Kasrun

BURANGA, BP-Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali dan Kepala Kesbangpol, Agus Pria Budiana mengikuti rapat koordinasi nasional dengan Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB) di hotel Noveter, Tanggerang, Selasa, 28 Februari 2023.

F01.2 4
Ketgam:Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali dan Kepala Kesbangpol, Agus Pria Budiana mengikuti rapat koordinasi nasional dengan Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB)

Adapun peserta dalam kegiatan tersebut yaitu, Gubernur, Bupati / Walikota atau yang mewakili, dan para Kepala Kesbang Provinsi, Kabupaten / Walikota serta para pimpinan FKUB se-Indonesia.

Rapat Koordinasi Nasional Pemda dan Kerukunan antar Umat Beragama itu dibuka oleh Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. H. Suhajar Diantoro.

Wakil Bupati Butur, Ahali mengatakan, dalam sambutannya Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menekankan beberapa hal diantaranya yaitu, masyarakat harus mampu memelihara budaya, nilai-nilai masyarakat terdahulu yang dianggap luhur, tanpa itu nanti akan terbentuk masyarakat baru yang hilang dari peradaban.

“Masyarakat harus mampu beradaptasi dengan dunia yang berubah begitu cepat, karena banyak peradaban masyarakat yang hilang karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan, ” katanya.

baca juga: Pemprov Sultra Gelar Sunat Massal di Butur, Wabup Ahali Ucapkan Terima Kasih

Selanjutnya, Sekjen Kemendagri kata orang nomor dua di pulau Buton yang paling Utara ini, FKUB harus mampu menciptakan Pemilu 2024 yang damai, aman dan harmoni serta hilangkan politik identitas keagamaan, sehingga masyarakat tidak dihadapkan kepada dua sisi yaitu konflik atau kerjasama, karena masyarakat sebuah hal yang statis.(*)