F01.3 5

Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP-Dalam menghadapi tahun Pemilu yang tidak lama lagi yakni tahun 2024 tahapannya sudah di mulai dari tahun 2023 ini maka dengan ini sebagai pemerintah mengharapkan peran organisasi kemasyarakatan (Ormas) dalam rangka peningkatan partisipasi politik dalam mendukung suksesnya pemilu 2024.

F01.3 5

Demikian dikatakan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat membuka kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas organisasi kemasyarakatan dengan tema peran organisasi kemasyarakatan mensukseskan Pemilu 2024 di aula hotel Galaxi Inn Selasa (21/3/2023).

Menurut Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pelaksanaan sosialisasi peningkatan kapasitas organisasi kemasyarakatan menjadi legitimasi agar pengelolaan organisasi kemasyarakatan memenuhi kaidah ormas yang sehat, mandiri, transparan professional, dan akuntabel tingkat Kota Baubau khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Nasional.

Diungkapkan, pertumbuhan jumlah Ormas yang sangat besar dan telah terdaftar pada pemerintah pusat sebanyak 431.465 ormas dan pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tenggara sampai saat ini sebanyak 450 ormas. Organisasi, semestinya dapat diorientasikan dan dikelola untuk mendukung percepatan pembangunan dan pencapaian tujuan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ormas merupakan potensi kekuatan rakyat secara berkelompok yang didirikan dan dibentuk sukarela tanpa pamrih dan mandiri untuk bersama- sama masyarakat secara membangun masyarakat, bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah dituntut harus mampu mengelola keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan antara hak kebebasan berorganisasi dan kewajiban-kewajiban dalam berorganisasi sebagaimana diatur konstitusi UUD 1945.

BACA JUGA: Polres Baubau Gelar Apel Siaga Gabungan Pengamanan Premanisme dan Balapan Liar Selama Ramadan 1444 H

“Kta semua dan seluruh rakyat indonesia harus mengawal bersama niat baik dan cita-cita luhur para pendiri, pengurus dan anggota ormas tersebut, dapat berjalan sesuai fungsi dan tujuan ormas sebagimana diatur dalam Undang-Undang,”ujar La Ode Ahmad Monianse.(*)