F01.4 7

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU,BP– Antisipasi kenakalan remaja seperti perang sarung dan bermain petasan serta balapan liar yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat di bulan suci Ramadhan, personil Polsek Murhum Polres Baubau gencar meningkatkan patroli malam selesai sholat tarawih dan patroli subuh selesai sholat subuh.
Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, Msi melalui Kapolsek Murhum Polres Baubau Ipda Muhamad Arifudin, SH, MH mengatakan pada bulan ramadhan ini banyak ditemukan kenakalan remaja seperti perang sarung dan balapan liar yang dilakukan oleh sekelompok anak-anak remaja.
Peristiwa tersebut menjadi perhatian banyak pihak khususnya di wilayah hukum Polsek Murhum Polres Baubau.

F01.4 7


Hal ini lantaran aksi tersebut telah mengganggu keamanan dan ketertiban umum.
Lebih lanjut Kapolsek Murhum Polres Baubau menambahkan bahwa perang sarung ini kalau dibiarkan akan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat tidak baik. Maka dari itu kami pihak Polsek Murhum Polres Baubau gencar melakukan patroli malam selesai sholat tarawih dan patroli subuh selesai sholat subuh selama bulan Ramadhan, Senin (27/03/2023).
Sebelum pelaksanaan patroli terlebih dahulu Kapolsek Murhum Polres Baubau Ipda Muhamad Arifudin, SH, MH memberikan pengarahan terhadap 10 personil Polsek Murhum yang akan melaksanakan patroli dengan menitik beratkan pada tindakan pencegahan dengan menempatkan personil Polsek Murhum pada beberapa lokasi yang sering terjadi aksi spontanitas perang sarung/aksi tawuran anak-anak dan aksi balapan liar.
Selanjutnya melaksanakan patroli mobile di beberapa titik wilayah yang sering dijadikan aksi perang sarung antara lain, depan Kantor Pengadilan Negeri Baubau jalan Betoambari Kelurahan Tanganapada Kecamatan Murhum Kota Baubau, simpang empat Kantor Pajak Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau, jalan poros Betoambari, mulai simpang Tugu Kirab sampai dengan simpang Kantor Camat Betoambari, jalan Gajahmada Kelurahan Tanganapada Kecamatan Betoambari Kota Baubau.
Bahwa pada titik-titik tersebut telah di standby kan personil Polsek Murhum menggunakan mobil dinas patroli sambil menyalakan lampu rotator sehingga anak-anak yang akan melakukan perang sarung melihat kehadiran polisi sehingga mereka mengurungkan niatnya untuk berbuat hal-hal yang tidak baik dan kembali ke rumah masing-masing.
Kapolsek Murhum juga berharap hendaknya bulan Ramadhan digunakan sebagai media untuk memperbanyak ibadah dan melakukan hal yang baik. Bukan malah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu ibadah, seperti perang sarung, balapan liar dan bermain petasan.

baca juga: TPID Sultra dan Baubau Tinjau Ketersediaan Bahan Pokok dan Pangan
Ia juga menghimbau masyarakat untuk waspada dan mengawasi pergaulan anak-anaknya.
Selain Polsek Murhum Polres Baubau bahwa Polsek jajaran Polres Baubau juga melaksanakan patroli malam dan subuh selama bulan ramadhan di wilayah hukum Polseknya masing-masing. (*)