F08.1 Sinergisitas

BAUBAU, BP- Sebagai wujud sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah bersama masyarakat melakukan penanaman bibit pohon Mangrove di kawasan pesisir pantai Maradadi Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau.

F08.1 Sinergisitas


Kegiatan penanaman pohon Mangrove tersebut di laksanakan oleh Kodim 1413 Buton dihadiri oleh Dandim 1413 Buton di wakili Danramil 01 Sorawolio Mayor ARH La Ode Mursali, Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, SH, SIK, Msi, Waka Polres Baubau Kompol Ronald Abdul Gani Sirait, SE, SIK, MH, para PJU Polres Baubau Para Kapolsek Jajaran Polres Baubau, Danposal Baubau Lettu Mar Catur Suryo, BKSD Sultra Alisman, SH, BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali, SE, Msi, Dinas Perikanan Musnawir, S.Pi, Camat Lea-Lea La Ode Muhamad Arwah, S.Sos, Para Lurah Kecamatan Lea-Lea, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Baubau Drs. isnaini, mewakili Kepala Sekolah SMP 8 Baubau Supardin, S.Pd, Para RT/RW dan masyarakat Kelurahan Lowu-lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau yang dilaksanakan secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia, Senin (15/5/2023).
Sebanyak 5.000 pohon mangrove terdiri dari 3.000 pohon mangrove oleh Kodim 1413 Buton dan 2.000 pohon Mangrove dari Polres Baubau di tanam bersama sama dalam kegiatan penanaman pohon Mangrove tersebut di kawasan pesisir pantai di seluruh wilayah jajaran Kodim 1413 Buton.
Dengan harapan, kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, hingga nilai ekonomis bagi warga sekitar.
Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk SH, SIK, Msi mengatakan bahwa Polres Baubau bersama Kodim 1413 Buton melaksanakan kegiatan Sinergitas TNI – Polri dengan bersama sama menanam bibit pohon Mangrove di pesisir Pantai Maradadi Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau.
Lebih lanjut Kapolres Baubau menambahkan hutan mangrove menjadi sumber daya alam yang sudah jelas bisa menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.
Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang nyaman, hingga mencegah bencana alam.
Oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah naiknya air laut ke daratan, mencegah erosi, hingga abrasi pantai.

baca juga: Polres Baubau Resmi Tugaskan Personelnya di Tingkat RW
Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut.
Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.
Pelestarian alam hutan mangrove dapat dilakukan dengan cara menanam pohon mangrove dipesisir pantai seperti yang dilakukan saat ini.
Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini masyarakat diharapkan ikut serta dalam menjaga ekosistem mangrove di kawasan pesisir pantai. (*)