WhatsApp Image 2023 07 11 at 01.02.06

BURANGA, BP-Komandan Militer Distrik (Dandim)1429 Buton Utara, Letkol Kav Komaruddin menggelar Nonton Bareng (Nobar) bersama insan pers KASAD Award media 2023, di Aulah Makodim, Senin malam, 10 Juli 2023.

Kegiatan pemberian apresiasi KASAD Award tersebut diselenggarakan di Aula A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat di Jakarta. Dengan mengangkat tema “Bersama merawat Kebangsaan “.

WhatsApp Image 2023 07 11 at 01.02.06

Turut hadir dalam nonton bareng KASAD Award Wakapolres Butur, Kompol Dedi Hartoyo, Staf Ahli Pemda Butur, Dra. Muliana dan seluruh anggota Kodim 1429 Butur. Pada KASAD Award ini 10 Media Nasional, 10 Media Daerah dan 4 media Kampus keluar sebagai pemenang yang memberikan perhatian serius terhadap isu strategis dalam filosofi Human Security.

Ketua panitia KASAD Award, Djasa Pinaragusti mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif dari pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memberikan apresiasi kepada media yang mengangkat sepuluh isu strategis dalam pemberitaan mereka. Sepuluh isu strategis yang menjadi katagori penilaian ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program prioritas pemerintah dan menjadi perhatian masyarakat.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu yang juga sebagai Ketua Dewan Juri KASAD Award memberikan apresiasi dan penghormatan kepada KASAD serta institusi lain dan insan pers.

KASAD Award ini, sebagai bentuk perhatian dari berbagai pihak atas tingginya komitmen bersama memberikan dukungan kepada insan pers untuk meningkatkan karya jurnalistik yang profesional serta melakukan pengawasan yang berkaitan dengan kepentingan umum.

Menurut Ninik, awarding seperti ini sebagai pemicu bagi insan pers agar terus berkhidmat dalam menjalankan fungsi pers sebagai media Informasi, Pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

“Pers kita sedang tidak baik-baik saja begitu semakin tingginya upaya abuse of power pada kehidupan pers, baik dari internal media maupun aspek eksternal,” kata Ninik Rahayu.

KASAD Award sangatlah istimewa. Panitia KASAD Award yang melakukan peneropongan terhadap semua berita dari media siber di tanah air dalam kerangka human security.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengatakan, terdapat 10 isu strategis bangsa yakni, 1. Keberagaman dan Toleransi, 2. Melawan Radikalisme, 3. Pengarusutamaan Gender, 4. Inovasi Digital, 5. Solidaritas Internasional, 6. TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat, 7. Pembangunan di Daerah 3T, 8. Perlindungan Anak, 9. Menekan Stunting, dan 10. Pelestarian Kebudayaan.

“Dimana harus menjadi isu strategis semua pihak teruma angkatan darat,” kata Jendral TNI, Dr. Dudung Abdurachman.

Lebih jauh Dudung, mengungkapkan, posisi strategi media sebagai penyalur informasi akurat, berimbang dan independen. Media yang peduli terhadap Human Security adalah modal penting bangsa ini untuk dapat mencari solusi masalah-masalah kemanusiaan dan keindonesiaan.

KASAD Award ini kata dia memberikan apresiasi kepada media online yang memberikan perhatian terhadap isu-isu strategis Human Security.

“Ini bukan lomba, dan saya ucapkan selamat kepada media nasional, media daerah dan media kampus sebagai pemenang,” ucapnya.

baca juga: Terkait Penyitaan Kayu Ilegal, Kepala BKSDA Sultra Mengaku Belum Terima Laporan dari KSDA Unit II Butur

Diketahui KASAD Award 2023 ini sebagai apresiasi dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI, Dr. Dudung Abdurachman kepada media nasional, media daerah, dan media kampus dalam merawat kebangsaan.(*)