a2Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa Solusi Kekeringan Akibat El Nino

BUSEL, BP-Dampak El Nino, Pj Bupati Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di SampolawA. Dampak kekeringan akibat fenomena alam El Nino di musim kemarau yang berkepanjangan tahun ini, Kamis 07 September 2023 Pj. Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, SKM., M.MKes, pimpin dan turun langsung dalam mendistribusikan air bersih gratis bagi masyarakat Desa Sandang Pangan dan Desa Hendea Kecamatan Sampolawa, bersama Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar). ‘Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa Solusi Kekeringan Akibat El Nino.”

 

Dinas Sosial menurunkan 1 unit mobil tangki berkapasitas 4.000 liter (3 Ton) yang didistribusikan di tiga Dusun sebanyak 8.000 liter (2 tangki) dan 1 tangki di Desa Hendea, Dinas Damkar mobil dengan kapasitas yang sama yaitu 4.000 liter dan BPBD kapasitas 1.300 liter sebanyak 4 kali sehingga total 5.200 liter. Setidaknya lebih kurang 25.200 liter telah telah di bagikan kepada masyarakat di Desa Sandang Pangan dan Desa Hendea.

a2
Pj Bupati Busel La Ode Budiman Pimpin Distribusi Air Bersih Gratis di Sampolawa Solusi Kekeringan Akibat El Nino

Atas petunjuk Pj. Bupati Buton Selatan, Perangkat daerah teknis terkait yakni Dinas Sosial, BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk percepatan penanganan krisis air bersih maka pada Senin, tanggal 4 September yang lalu telah dilakukan lebih awal Penyaluran Bantuan Air Bersih secara gratis di Dusun Katolemando, Desa Sandang Pangan, Kec. Sampolawa.

baca juga:

ALIANSI BARISAN PEMUDA KEPTON YAKIN HAKIM YANG MEMIMPIN PROSES PERSIDANGAN PRAPERADILAN TERKAIT BANDARA UDARA CARGO BUSEL AKAN TETAP PROFESIONAL

“Setelah Saya Menerima Surat dari Kepala Desa Sandang Pangan, saya begerak cepat dan langsung mengadakan pertemuan dengan Tiga Kepala OPD yakni Kepala Dinas Sosial, BPBD dan Damkar untuk segera menjawab permintaan warga desa sandang pangan dan Alhamdulillah Senin lalu pada 4 September telah dapat menyalurkan Air Bersih ke warga disana walaupun saat itu belum kebagian semua. Dan hari ini kami hadir lagi untuk menyalurkan Bantuan Air Bersih secara Cuma-Cuma,” ujar Budiman.

Untuk pelayanan Air Bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat pada Kamis, 7 September Pj. Bupati Buton Selatan secara langsung memimpin penyaluran air bersih yang dipusatkan di depan halaman Kantor Desa Sandang Pangan dengan dinas teknis yakni Dinas Sosial, Damkar dan BPBD

La Ode Budiman, menghimbau agar selama musim kemarau masyarakat tetap menjaga sumber air yang masih ada meskipun dengan debit air rendah. Lebih lanjut orang nomor satu di Buton Selatan bahwa selama musim Kemarau, meminta masyarakat bijak dan hemat dalam penggunaan Air Bersih, juga masyarakat menghindari aktivitas penebangan pohon yang akan berdampak berkurangnya sumber mata air serta menghindari pembakaran lahan perkebunan sehingga keseimbangan alam di lingkungan sekitar desa tetap terjaga.(*)

 

Berita Lainnya:

BAUBAU, BP- Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di Kabupaten Buton Selatan (Busel). Sedikitnya ada 40 orang yang berlatar belakang sebagai pekerja kuliner yang dilatih, bertempat di Hotel Al Safirti Busel, berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Agustus 2023.

Peserta
Peserta pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas pelaku kuliner di Buton Selatan

 

Kegiatan ini dibuka Sekertaris Dinas Pariwisita Busel Drs Muhammad Jusni dan sekaligus memberikan materi pada hari pertama yang berjudul pariwisata busel inovasi dalam bisnis kuliner dan kebijakan kepariwisataan pada sesi pertama. Pemateri lainnya yaitu wa Ode Mahazura S.St, M.Kes merupakan kepala bidang Dinkes Busel yang membawakan materi higienitas dan sanitasi sajian kuliner

Panitia juga mengundang pemateri dari akademisi universitas Haluuleo (UHO) yaitu Dr. Muhammad Aswan Zanynu S.Sos, MSi yang membawakan materi Pemasaran Kuliner. Pemateri lainnya yang tidak kalah penting yaitu Kepala laboratorium dapur prodi seni kuliner Muhammad Anas, S.E yang langsung membawkan materi inovasi kuliner dan peserta langsung diberi praktik memasak.

Ketua Panitia kegiatan Sri Resqina Ruspian L, SIp, M.Si yang diwakili salah satu panitia mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya inovasi dan higienitas sajian kuliner.

Sementara sasaran yang ingin dicapai dalam pelatihan ini adalah peserta mengetahui dan memahami tentang pentingnya inovasi dan higienitas dalam sajian kuliner. Peserta juga diharapkan dapat mengetahui dan memahami tentang standard dan ketentuan higienitas dalam pengolahan dan penyajian hidangan kuliner. Juga peserta diharapkan mengetahui dan memahami tentang prinsip-prinsip dalam melakukan kreatifitas dan inovasi dalam sajian kuliner.

Muhammad Jusni dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dispar Provinsi Sultra yang telah memilih Busel untuk melaksanan kegiatan ini. Dai pun mengatakan bahwa dalam dunia apa saja semua dituntut untuk mampu melakukan perubahan kreativitas dan inovasi.

“Orang yang tidak mengenal inovasi dalam kuliner mereka tidak akan mengenal perubahan. Kuliner ini harus mengenali citarasa dan mengenali keinginan kulier maka tidak akan mampu bersaing dalam usaha kuliner. Maka inilah pentingnya mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Dispar Provinsi,” tuturnya ketika membuka kegiatan, selasa (08/08/2023).

Dia pun meminta pelaku kuliner di Buton Selatan harus mampu menyajikan kuliner yang ivonatif dan higienis setelah mengikuti pelatihan
yang diselenggarakan Dispar Sultra selama tiga hari yang didampingi Dispar Sultra dan ini akan membangkitkan perekonomian di Buton Selatan. (*)

By Eron