Kadis DP3A Baubau Abdul Rahman, Kadis DP3A Abdul Rahman: Baubau Terpilih Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan APIKadis DP3A Baubau Abdul Rahman, Kadis DP3A Abdul Rahman: Baubau Terpilih Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan API

BAUBAU, DT-Pendidikan kewirausahaan Akademi Paradigta Indonesia (API) memilih pilot projectnya di Kota Baubau. “Kadis DP3A Abdul Rahman ungkap Baubau Terpilih Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan API.”

Beberapa pertimbangan dan alasan memilih Baubau karena sejak tahun 2015 Serikat Pekka Baubau telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melalui kegiatan KLIK – PEKKA, Kick-Off BAPPEDA – PEKKA tahun 2016, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta stakeholder lainnya.

Kadis DP3A Baubau Abdul Rahman, Kadis DP3A Abdul Rahman: Baubau Terpilih Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan API
Kadis DP3A Baubau Abdul Rahman, Kadis DP3A Abdul Rahman: Baubau Terpilih Jadi Pilot Project Pendidikan Kewirausahaan API

Hal ini diungkapkan Kadis DP3A Abdul Rahman, S.Pd, M.Si, Kamis (19/10/2023). Menurut Abdul Rahman kehadiran API pendidikan kewirausahaan di Kota Baubau akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Apalagi, API merupakan penyelenggara pendidikan yang sejak tahun 2016 Yayasan PEKKA mengembangkan API sebagai satu inisiatif melakukan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan. Dan pada tahun 2020 API dilembagakan menjadi mandat mengembangkan pendidikan pelatihan terstruktur bagi kader-kader perempuan dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Abdul Rahman mengharapkan melalui pilot project API pendidikan kewirausahaan di Kota Baubau akan lahir perempuan-perempuan penggerak ekonomi yang terampil untuk mendorong gerakan ekonomi dan memiliki akses pada program ekonomi produktif di wilayahnya.
Perempuan penggerak ini akan melakukan pengorganisasian kelompok usaha di wilayahnya dan mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi lokal berbasis sumber daya.

baca juga:

Sementara itu, ungkap Abdul Rahman, S.Pd, M.Si, launching perdana pendidikan kewirausahaan API sudah dilakukan beberapa waktu lalu dan dihadiri 57 orang terdiri dari stakeholder sebanyak 13 orang masing-masing Bappeda, DP3A, Camat Wolio, Lurah Batulo dan stafnya, Lurah Wangkanapi, Lurah Bataraguru, perwakilan Kelurahan Kadolokatapi, akademia/peserta 35 orang sebagai utusan dari 5 kelurahan yang menjadi target kelas API pendidikan Kewirausahaan, tim Penyelenggara API-Kewirausahaan terdiri dari Koordinator Pendidikan dan mentor di kantor DP3A Baubau. (*)

 

Berita Lainnya:
BAUBAU, BP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota baubau gelar rapat paripurna di aula DPRD Baubau, Selasa (10/10/2023). Rapat istimewa ini untuk mendengarkan jawaban, tanggapan serta penjelasan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terhadap pandangan umum fraksi tentang tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). “Pemkot Baubau Berikan Tanggapan Tentang Tiga Raperda Kepada DPRD Baubau Usulan Pemerintah.”Pada kesempatan itu, PJ Wali Kota Baubau, Rasman Manafi melalui Asisten I Setda Baubau La Ode Aswad mengapresiasi lima Fraksi DPRD yang telah menyampaikan aspirasi tentang tiga Raperda yang diusulkan PJ Wali Kota Baubau.

Pemkot Baubau Berikan Tanggapan Tentang Tiga Raperda Kepada DPRD Baubau Usulan Pemerintah
Pemkot Baubau Berikan Tanggapan Tentang Tiga Raperda Kepada DPRD Baubau Usulan Pemerintah

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas aspirasi yang disampaikan fraksi dewan yang terhormat, terhadap pengajuan tiga Raperda yang telah disampaikan pada rapat paripurna pada 10 Oktober tahun 2023,” katanya.

UCAPAN SELAMAT

Pandangan, saran fraksi DPRD Baubau sejalan dengan tujuan pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Bila Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), Raperda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, dan Raperda Pengelolaan Rusunawa telah disepakati dan disetujui, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat.

“Pemanfaatan spot Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sudah eksis. Namun belum terkelola dengan baik sebagai strategi jangka pendek peningkatan PAD di tanggapi serius oleh Pemkot baubau.” katanya.

Olehnya itu, pemerintah akan melakukan penekanan tingkat kebocoran dan penertiban pungutan liar serta memaksimalkan pendapatan pada retribusi parkir di jalan umum, tempat khusus parkir, pelayanan persampahan, pelayanan pasar atau los dan kios, pemakaian tanah daerah dan bangunan, tempat rekreasi dan olahraga, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) termasuk memaksimalkan potensi retribusi pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas setelah Reperda ditetapkan.

“Hadirnya Raperda pajak dan retribusi daerah akan menjadi petunjuk, pelaksanaan pemungutan pajak dan retribusi daerah yang diharapkan kedepannya mampu memberikan kemudahan, kepastian hukum serta rasa keadilan segenap masyarakat kota Baubau, Sehingga dapat berkontribusi positif pada percepatan pembangunan kota baubau kedepannya. Menurut tema kami sudah sejalan dengan tujuan susunan Raperda ini,” tegas Aswad memberikan jawaban kepada fraksi.

Disamping itu, Raperda dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian, pangan dan kualitas hasil pertanian. Tak hanya itu, Raperda dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta mempertahankan pangan secara nasional yang berkelanjutan. Ujung dari upaya ini adalah untuk mewujudkan kemandirian ketahanan dan kedaulatan pangan di Kota Baubau.

“Lahan pertanian berkelanjutan, memang tujuan memberikan perlindungan terhadap lahan pertanian secara berkelanjutan. Untuk memenuhi tujuan tersebut. maka materi pengaturannya telah termasuk perencanaan dan penetapan pengembangan pemanfaatan dan pembinaan pengendalian dan pengawasan lahan pertanian secara berkelanjutan.” katanya.

03 7

Dalam kesempatan Itu juga, Mantan Kepala Bappeda Baubau itu menyampaikan, bahwa pengusulan tersebut dapat dimungkinkan, bahwa dalam menjalankan fungsi pengawasan. DPRD dapat mengambil peran namun tidak hanya melaksanakan tiga Raperda tetapi dapat dimulai dari proses pembahasan, pemantapan, konsepsi dan persetujuan nantinya.

Selain itu, penyusunan Raperda tentang PDRD, Ia mengacu pada undang undang nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (HKPD), sehingga peran dan pengawasan DPRD diperlukan dan Pemkot menyampaikan laporan berkala.

baca juga:

Pisah Sambut Mantan Walikota Monianse dan Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi Ajak Semua OPD, Lurah dan Camat Sama-Sama Bangun Negeri Ini

Aset PSU Perumahan Wanabakti Senilai Rp 1.9 M Diserahkan ke Pemkot Baubau Yang Diterima Langsung Pj Walikota Baubau Dr Rasman

 

Lebih lanjut dikatakan, rehabilitasi Rusunawa terus menjadi perhatian Pemkot Baubau selanjutnya, namun dengan tetap memperhatikan aspek kelayakan secara ekonomis dan aspek pemenuhan kebutuhan perumahan terhadap masyarakat berpenghasilan rendah. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berharap kepada DPRD Baubau agar terus bersinergi dalam menyediakan perumahan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, untuk mewujudkan efesiensi dan efektifitas penataan perkotaan.

“Dapat kami sampaikan melalui forum yang terhormat ini, bahwa telah kami sediakan anggaran pemeliharaan pada tahun ini dan kami selanjutnya akan mengusulkan pemeliharaan dan rehabilitasi Rusunawa Wameo pada tahun anggaran 2024,” ucapnya.(*)