Peringati Haris Sumpah Pemuda, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Harap Pemuda Miliki Visi dan Misi Strategis untuk Menginovasikan Ide-idenya Dalam 40 Tahun MendatangPeringati Haris Sumpah Pemuda, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Harap Pemuda Miliki Visi dan Misi Strategis untuk Menginovasikan Ide-idenya Dalam 40 Tahun Mendatang

BAUBAU, BP-Pemerintah saat ini sudah banyak memberikan ruang kepada pemuda untuk menciptakan terobosan-terobosan baru berkarya bukan hanya persoalan kegiatan fisik tetapi juga pada ide-ide baru membangun daerahnya. “Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Harap Pemuda Miliki Visi dan Misi Strategis untuk Menginovasikan Ide-idenya Dalam 40 Tahun Mendatang.”

Bahkan, di level nasional sudah bisa melihat banyak intrepreneur muda, banyak ilmuan-ilmuan muda sudah berkiprah di level internasional dan Baubau pun juga diyakini memiliki potensi-potensi generasi muda yang sangat mempuni.

Peringati Haris Sumpah Pemuda, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Harap Pemuda Miliki Visi dan Misi Strategis untuk Menginovasikan Ide-idenya Dalam 40 Tahun Mendatang
Peringati Haris Sumpah Pemuda, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Manafi Harap Pemuda Miliki Visi dan Misi Strategis untuk Menginovasikan Ide-idenya Dalam 40 Tahun Mendatang

Demikian dikatakan Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat membacakan sambutan pada upacara peringatan hari sumpah pemuda tingkat Kota Baubau ke-95 di halaman kantor Wali Kota Baubau Palagimata Sabtu (28/10/2023).

Menurut Dr Rasman, Pemerintah Republik Indonesia telah membuka ruang partisipasi pemuda ini seiring dengan rencana kedepan untuk mewujudkan harapan Indonesia, yang Indonesia yang sejahtera pada 2045 yang menjadi visi mencapai Indonesia emas.

Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapat tempat terhormat dalam pembangunan nasional.

” Saya juga bisa melihat beberapa kementerian lembaga telah ditempati oleh generasi-generasi muda bahkan ide-idenya banyak diadopsi, bukan hanya dilevel kebijakan nasional tapi juga diwilayah regional Asia Pasifik yang cukup kuat bahkan dunia,”ungkapnya.

Ditambahkan, disisi lain perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan teknologi dan informasi antar generasi.

Mungkin bagi peserta upacara yang kelahirannya di tahun 60-an yang masih akrab dengan mesin ketik dan pada tahun 79 an yang sudah mulai transisi kekomputer itu sangat terasa perbedaannya. Dan ini menjadi tantangan bangsa Indonesia dengan wilayah yang cukup luas dengan rentang kendali yang cukup panjang dengan ribuan pulau dengan disparitas kualitas sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan.

Tantangan teknologi informasi ini menjadi sangat penting, Kota Baubau akan menggunakan teknologi informasi sebagai media dalam mengelola pemerintahan sebab ini juga menjadi arahan Gubernur Sultra pada setiap pertemuan-pertemuan.

Oleh karena itu setiap pemuda yang memiliki visi dan misi yang strategis untuk menginovasikan ide-idenya dalam 40 tahun mendatang dengan teknologi informasi ini akan dapat melakukan gerak lari yang cukup cepat, informasi sudah sangat terbuka, inovasi sudah cukup banyak tinggal implementasi yang memastikan itu berjalan.

baca juga:

Kerja kolaborasi ini tentu seiring dengan UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres 43 2022 tentang koordinasi lintas sektor penyelenggara pelayanan kepemudaan agar implementasi sektor tersebut efektif menuju pencapaian indeks pembangunan pemuda.

“Pada momen hari sumpah pemuda ini harus canangkan kebulatan tekat semua stakeholder baik kementrian lembaga Pemerintah Provinsi Sultra dan terkhusus Pemerintah Kota Baubau dengan organisasi kepemudaan,komunitas dan elemen-elemen lain, Stakeholder lain yang kita harapkan ini bisa bersinergi bisa berkolaborasi yang selalu saya sebut dengan Bekerja Bersama,”jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau mengajak agar menjadikan momen peringatan Hari Sumpah Pemudah yang 95 tahun ini sebagai momentum membangun, membangkitkan dan menjadikan kolaborasi dalam memajukan negeri.(*)

Berita Lainnya:

 

BAUBAU, BP- Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si resmi melantik Penjabat Sekda Kota Baubau Saido Bonsai, S.Sos, M.Si di aula palagimata Jumat sore (27/10/2023). Kepada Pj Sekda Kota Baubau Saido, orang nomor satu di Kota Baubau ini memerintahkan mengawal penganggaran untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Apalagi, pelaksanaan perubahan APBD tahun 2023 dan penyusunan KUA PPS APBD 2024 sudah di depan mata. “Lantik Pj Sekda Saido Bonsai, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Perintahkan Kawal Delapan Program Prioritas Nasional.”

Lantik Pj Sekda Saido Bonsai, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Perintahkan Kawal Delapan Program Prioritas Nasional
Lantik Pj Sekda Saido Bonsai, Pj Walikota Baubau Dr Rasman Perintahkan Kawal Delapan Program Prioritas Nasional

Disamping itu, saat rapat koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dipimpin Mendagri di Kendari Jumat pagi (27/10/2023) telah ada penegasan pengawalan percepatan 8 program prioritas dimana program prioritas yang di maksud meliputi penanganan kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi daerah, penggunaan produk dalam negeri dan inovasi daerah, percepatan izin investasi dan perekonomian daerah, prioritas pemetaan potensi daerah, kondusi
fitas kerukunan sosial daerah, termasuk mensukseskan Pemilu tahun 2024.

Dr Muh Rasman juga akan melakukan pembinaan dan penataan aparatur dan mendorong tranformasi PNS lingkup Pemerintah Kota Baubau dalam kedisiplinan, sikap, kompotensi. Sehingga, terwujud budaya kerja lebih profesional dan responsif termasuk di dalamnya sebuah pekerjaan rumah untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai TPP ASN Pemerintah Kota Baubau.

UCAPAN SELAMAT

Sementara itu, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Saido Bonsai ebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kota Baubau sehubungan dengan masa jabatan Penjabat Sekda sebelumnya yang telah berakhir pada beberapa waktu yang lalu dan di sisi lain Sekretaris Daerah Kota Baubau definitif juga belum ditetapkan.

baca juga:

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara nomor 604 tahun 2023 tanggal 24 Oktober 2023. “Karenanya kami mengharapkan dan tentu mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Sultra atas penunjukan tersebut dan menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah memfasilitasi pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Baubau sehingga berjalan dengan lancar.

Tak lupa juga kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada saudari Sitti Munawar, SSTP, M.Si atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas sebagai Penjabat Sekda Kota Baubau selama kurang lebih 6 bulan terakhir serta kepada saudara Laode Aswad S.Sos, M.Si yang telah menjalankan amanah Plh Sekda selama proses pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Baubau,”ungkapnya.(*)