cover, e-Paper Koran Baubau Post Edisi 15 Januari 2024cover, e-Paper Koran Baubau Post Edisi 15 Januari 2024

e-Paper Koran Baubau Post Edisi 15 Januari 2024

Download e-Paper Koran Baubau Post Edisi 15 Januari 2024, Versi PDF

 

Baca e-Paper Koran Baubau Post Edisi 15 Januari 2024

01 5 rotated 02 5 rotated 03 5 rotated 04 5 rotated 05 5 rotated 06 5 rotated 07 5 rotated 08 5 rotated

Baca juga:

Koran Online Durasi Times, Edisi 12 Januari 2024

e-Paper Koran Baubau Post Edisi 10 Januari 2024

Berita Lainnya:
 

BAUBAU, BP – Kecelakaan kapal di perairan Tanjung Pemali, Kabupaten Buton, melibatkan KM Sumber Rejeki 03 dengan kapal MV Sami, Sabtu dini hari (21/10/2023) sekitar pukul 03.00 wita. “Tabrakan Dua Kapal di Perairan Buton, Satu ABK KM Rejeki Hilang.”

 

KM Sumber Rejeki 03 yang bermuatan 6 orang dengan rute perjalanan dari Binongko Kabupaten Wakatobi menuju Baubau. Sedangkan MV Sami bermuatan 25 orang dengan rute dari Banjarmasin menuju Maluku Utara.

Tim SAR saat akan melakukan evakuasi kecelakan dua Kapal di Tanjung Pamali, Tabrakan Dua Kapal di Perairan Buton, Satu ABK KM Rejeki Hilang
Tim SAR saat akan melakukan evakuasi kecelakan dua Kapal di Tanjung Pamali, Tabrakan Dua Kapal di Perairan Buton, Satu ABK KM Rejeki Hilang

Tabrakan tersebut menyebabkan anjungan kapal rusak parah. Selain itu, satu orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Sumber Rejeki 03 Gt 81, atas nama Doni berusia 35 tahun terjatuh ke laut dan hilang.

 

“ABK dari KM Sumber Rejeki 03 tidak berada dikapal, pada saat pengecekan diduga korban terjatuh ke laut, mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan yang parah akibat tabrakan tersebut,” ungkap Muhamad Arafah, Kepala KPP Kendari melalui rilisnya.

baca juga:
 

Sementara itu, setelah mendaptakn laporan kecalakan tersebut, Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RB 210 Kendari untuk memberikan bantuan SAR. Untuk Jarak LKK dengan Pelabuhan Murhum Baubau sekitar 28 NM atau 36,5 KM

“Tim Resque dari Basarnas Kendari juga dikerahkan untuk mengevakuasi terhadap ABK dan kapal yang rusak,” tutupnya.(*)

Berita Lainnya:
BUTON, BP-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendaeri menggelar Sekolah Lapang Gempa dan Tsunami di Kabupaten Buton. Kegiatan tersebut merupakan upaya kontribusi dalam penyusunan sebagai acuan mitigasi tsunami untuk keselamatan semua dipusatkan di Hotel Buton Raya, Pasarwajo, Jumat, 8 September 2023.“BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami di Buton.”
Pj. Bupati Buton yang diwakili, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si. secara resmi membuka Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami tersebut.
Kepada awak media Sekda Kabupaten Buton yang dimintai keterangan setelah pembukaan acara mengapresiasi dan berterima kasih kepada BMKG karena telah melaksanakan kegiatan tersebut di Buton untuk pertama kalinya yang dimana pernah terjadi bencana tsunami tahun 1992. 
 
BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami di Buton
BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami di Buton
 

“Saya apresiasi dengan kegiatan BMKG ini karena melibatkan masyarakat khususnya masyarakat Pasarwajo. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat. Intinya mitigasi bencana karena kita tidak tahu bencana ini kapan akan datang dan setiap saat kita waspada. Pernah ada kejadian tahun 1992 itu memang ada korban di sekitar Teluk Pasarwajo dan gempa-gempa lain sehingga dengan adanya kegiatan ini saya berterima kasih kepada BMKG yang telah melaksanakan Sekolah Lapang Gempabumi ini yang beri pertamakali diadakan,”ujar Sekda Buton.
Kepala Kantor BMKG Wilayah IV Makassar , Irwan Slamet, ST, MSi menyampaikan tujuan dari kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana gempabumi dan tsunami dan Ia berharap agar praktik kegiatan ini dapat disampaikan kepada sekitar.

baca juga:

 

Pasar Wajah Jaya Lasalimu Selatan Diresmikan Dirangkaikan dengan Ritual Adat Tahunan Sedekah Bumi 

“Kita membuat sebuah edukasi karena ini merupakan harapan pemerintah kita harapan DPR bahwa BMKG harus memberikan edukasi kepada Masyarakat. Salah satu bentuk edukasi yang kita berikan selain formil ke sekolah-sekolah kita juga memberikan edukasi secara informal kepada masyarakat seperti kegiatan ini.
Tujuan kegiatan ini tidak hanya berhenti di situ tentunya untuk menularkan kepada yang lain bentukanya seperti pertemuan kali ini exercise seolah-olah kita mengalami gempabumi apa yang harus kota lakukan, siapa berbuat apa, misalnya saya BMKG menyampaikan kepada masyarakat, masuarakat nanti berbuat apa nanti bertindak seperti apa nanti kita latih disini,” ungkapnya.
Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami dilaksanakan mulai dari tanggal 8-9 September 2023 diikuti oleh 50 orang dari berbagai instansi terkait dan unsur masyarakat.
Hadir Kepala Kantor BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet, S.T., M.Si., Kepala BPBD Kab. Buton Manafu, SSos, MSi, Kadis Pariwisata Kab. Buton Rusdi Nudi, S.Pd., M.Pd., Plt. Kadis Sosial La Naji, Stasiun Geofisika Kendari Rudin, S.T.(*)