– Acara Itu Terselenggara Atas Kerja Sama Tekhnik Mesin Unidayan dan Dikmudora Baubau

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Kompetisi roket air yang digelar oleh Himpunan Mahasiwa Mesin Unidayan Baubau bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga (Dikmudora) Baubau diikuti sedikitnya 78 perwakilan sekolah di Baubau mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Pelaksanaanya dilakukan di Pelataran Kantor Walikota Baubau, Selasa (06/12) dan kegiatan ini menurut pembimbing Kompetisi Roket Air yasng juga dosen Tekhnis Unidayan Ir Muh Iqbal Ahmad MT, kegiatannya diupayakan selesai dalam satu hari.

Hadir dalam kegiatan itu Kadis Pendidikan Kota Baubau H Masri MPd, Rektor Unidayan Baubau Ir LM Samsul Qomar ST MT, Anggota DPRD Baubau Muh Ahdiyat dan sejumlah dosen tekhnik Unidayan serta guru dan siiwa yang jadi peseta kompetisi roket air.

Masri menyambut baik kegiatan itu karena disamping mengisi waktu libur yang positif pasca ulangan semester juga agar para siswa bisa menambah ilmu pengetahuan mereka, bisa saling kenal satu sama lain, serta tidak melakukan kegiatan yang tidak bermakna misalnya mereka hura-hura.

“Pasca ulangan memang saya arahkan agar mereka melakukan kegiatan positif. Kalau kegiataannya positif kan bisa juga menghindari adanya tawuran dan kegiatan-kegiatan negatif lainnya,” ucapnya.

Sementara LM Samsul Qomar juga menyatakan apresiasinya atas niat pemerintah mau bersama-sama dengan perguruan tinggi di Baubau membuat kegiatan dalam rangka mengembangkan minat siswa khususnya dalam mendesign roket.

Dosen Tekhnik Unidayan Muh Iqbal mengatakan kegiatan itu selain menjadi ajang menyaring bakat siswa juga bisa dijadikan momen untuk pemecahan rekor MuRI pada ajang peuncuran roket air. “Mudah-mudahan pemerintah daerah bisa merespon semua ini,” harapnya.

Pantauan koran ini, tiap sekolah di Kota Baubau diwajibkan mengutus tiga tim untuk mengikuti kompetisi roket air. Sementara Iqbal mengatakan dalam kompetisi itu yang dinilai adalah keunikan roket yang dipamerkan, kelemngkapan team serta kekompakan, kerjasama tim dan penilaian tertinggi berada pada peluncuran roket yang masuk ke dalam zona kompetisi.

Kegiatan yang bertema ‘Menggairakan dan mewarnai dunia pendidikan Kota Baubau melalui roket air bertenaga angin berbasis sistem pompa,” memperebutkan hadia berupa uang tunai, trophy plus sertifikat. (***)