Laporan: Amat Jr

BAUBAU, BP- Sedikitnya 8 rumah milik warga di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI), Kecamatan Wolio, Kota Baubau ludes terbakar, Kamis,(23/2/2023), sekitar pukul 14.00 WITA.

8 rumah terbakar di Kelurahan BWI, Kecamatan Wolio, Kota Baubau

Rumah yang terbuat dari kayu tersebut, Empat diantaranya merupakan rumah panggung rata dengan tanah, sedangkan dua rumah lainnya berbahan beton sempat dijilat api namun bangunan masih kategori layak tinggal.

Beruntung tidak ada korban jiwa saat insiden tersebut. Namun tak banyak harta benda yang dapat diselamatkan karena kobaran api cepat menjalar di seluruh badan rumah.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Baubau Muhammad Massad dilokasi kejadian mengatakan pihaknya baru dapat menjinakan api kurang lebih 30 menit. Dia pun mengungkapkan peristiwa naas itu menghanguskan 8 rumah, salah satunya merupakan rumah kost.

“Penyebab kebakaran berdasarkan informasi dari warga sekitar berasal dari salah satu rumah yang sedang memasak dengan menggunakan kayu bakar. Saat sedang memasak penghuninya keluar sebentar, begitu dia kembali api sudah membesar dan cepat menyebar ke rumah lain yang juga didukung oleh angin kencang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Baubau Nur Alam Ndoaka mengungkapkan pihaknya menurunkan 50 anggota terdiri dari 1 pleton personil dibantu petugas lepas.

Kadis Damkar dan penyelamtan Kota Baubau Muhammad Massad

“Butuh waktu 30 menit anggotanya memadamkan api sementara proses pendinginan, cukup memakan waktu karena banyaknya titik api. Pas kami tiba api sudah membesar, ksmi juga cukup kesulitan karena masyarakat juga membantu kami, namun bantuan itu malah menjadi kacau, salah satunya karena selang langsung ditarik padahal ada tata caranya,ā€¯ungkapnya

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran, karena masih dalam investigasi petugas. Informasi yang beredar di warga kebakaran dipicu oleh kompor minyak, isu lainnya karena arus pendek listrik. Namun Kadis Damkar sudah menjelaskan penyebabnya karena pemilik rumah memasak dengan kayu bakar.(*)