Peliput: Darson

BURANGA, BP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Utara mendapatkan bantuan alat penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Bantuan fasilitas yang diperuntukan untuk memudahkan petugas dalam upaya melakukan penanggulangan pra atau pasca bencana tersebut yakni satu unit mobil rescue, dan dua unit motor trail.
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiagaan Bencana BPBD Butur La Ode Husima ketika dikonfirmasi via selulernya, Kamis (8/12) mengatakan bantuan yang dimaksud tersebut diserahkan oleh kepala BNPB Willem Rampangilei dan diterima langsung Bupati Butur Abu Hasan pada hari Rabu (7/12) kemarin di Jakarta.
“Bantuan ini anggaran dari pusat dan Pak Bupati yang terima langsung dari kepala BNPB di Jakarta,” kata La Ode Husima.
Diungkapkannya, ada sebanyak 122 kabupaten/kota/provinsi se Indonesia yang menerima bantuan tersebut. Untuk Sultra sendiri, ujar dia selain Butur, tiga kabupaten lainnya yang ikut mendapatkan bantuan itu diantaranya, kota Baubau, Buton Tengah dan Buton Selatan.
Dengan adanya bantuan fasilitas tersebut tentunya sangat berguna dalam mobilisasi penanggulangan bencana baik untuk petugas penanggulangan bencana maupun untuk korban bencana.
Menurutnya, bantuan peralatan penanggulangan bencana itu sebagai wujud dukungan pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB kepada BPBD kabupaten/kota supaya mempunyai kemampuan situasi bencana. Sebaliknya, untuk Butur sendiri atas tambahan fasilitas ini, tentunya bentuk keseriusan Pemda Butur dalam hal pencegahan dan penanggulangan bencana.
Sebabnya, tambah dia bantuan tersebut tidak hanya turun begitu saja, tapi lewat perjuangan dalam pengusulan proposal dari BPBD Butur melalui Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBP) Sultra yang dilanjutkan di Pusat.
“Jadi kita buat proposal untuk permintaan bantuan peralatan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana, dan alhamdulillah Butur masuk daftar penerima peralatan tahun ini,” imbuhnya.(***)

Pin It on Pinterest