Ny Agista Ariany Ali Mazi bersama Kadis Pendidikan Asrun Lio

Laporan: Ardi Toris

SULTRA, BP- Sebagaimana yang telah dijadwalkan, webinar dengan tema “Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah”, dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Prov. Sultra, Ibu Agista Ariany Ali Mazi, SE. Turut serta menyertai, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Prov Sultra Drs Asrun Lio MHum, PhD.

Ny Agista Ariany Ali Mazi bersama Kadis Pendidikan Asrun Lio
Ny Agista Ariany Ali Mazi bersama Kadis Pendidikan Asrun Lio

Ibu Agista Ariany menjadi pembicara kunci dalam seminar yang beliau ikuti secara virtual dari Ruang Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

Seminar ini dimoderatori Etika Rosita, S.Sos., Widyaprada Ahli Muda BP-PAUD dan Dikmas Prov Sultra).

Sebagai pembicara kunci dalam seminar virtual ini, Ibu Agista Ariany menekankan pentingnya pengetahuan pada orang tua dalam upaya meningkatkan atensi dan mutu belajar anak di rumah.

“Keterlibatan orangtua dalam membimbing atau menemani anak dalam belajar tidak hanya penting dalam masa pendemik ini, tetapi harus senantiasa terjadi pada kondisi apapun, sebab orangtua adalah penyokong dan sumber teladan bagi anak-anaknya.” Demikian Ibu Agista Ariany.

Lebih jauh, Ibu Agista Ariany memaparkan, bahwa “alih pengetahuan dalam pendampingan itu dapat terjadi apabila orangtua memiliki kompetensi pengasuhan dan pengetahuan mengenai pendidikan usia dini yang memadai. Sayangnya, tidak semua orangtua memiliki kapasitas dan kompetensi menemani anak belajar dari rumah.”

Menurut Bunda PAUD Prov. Sultra ini, ada tiga aspek yang menyebabkan minimnya keterampilan pendampingan dari orangtua. Pertama, belum optimalnya sumber belajar yang dapat diakses dan diinseminasikan kepada orangtua dalam mendampingi anak usia dini selama belajar dari rumah. Kedua, masih banyak orangtua yang merasa belum siap dalam melaksanakan pendampingan, dan ketiga, minimnya ruang berbagi praktik belajar secara daring untuk orangtua dalam mendampingi anak usia dini selama belajar di rumah.

Berdasarkan tantangan dan kebutuhan tersebut maka salasatu inisatif yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini melalui UPTD BP-PAUD dan Dikmas Prov. Sultra, beserta Bunda PAUD Prov. Sultra adalah dengan kegiatan Kelas Oranguta Berbagi. “Kelas ini dilaksanakan dalam upaya memfasilitasi orangtua untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan, dan keterampilan dalam pendidikan dan pengasuhan terutama pendampingan saat anak belajar dari rumah,” jelas Ibu Agista Ariany.

Dalam sesi berikutnya, moderator memberikan kesempatan bagi dua narasumber orangtua untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada lebih dari 50-an peserta yang hadir secara virtual. Ibu Pratiwi Nusi dan Ibu Aprialiani Puspitawati membagikan pengalamannya dalam membantu anak usia dini belajar dari rumah.

Para peserta webinar mengaku banyak menimba pengetahuan dalam pola tukar pengalaman antar orangtua ini berupa kelas berbagi. Mereka berharap, kelas serupa akan terus diadakan untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan meminimalisasi kecemasan mereka terkait pandemik dan bahaya sosial lainnya. []

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

MELAWAN APARAT SAAT DITANGKAP, PEMBUNUH TNI 1413/BUTON DIBERI ‘HADIAH’ TIGA PELURUH HINGGA TEWAS

Komang Iyas, pemuda asal Ngakaring-ngakring, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, yang membunuh anggota TNI 1413/Buton tewas tertembak tim Polres Baubau karena sempat melawan membahayakan petugas dan berusaha merebut senjata api (Senpi) milik petugas.Komang Iyas bahkan berusaha melarikan diri hingga diberi tembakan peringatan sebanyak tiga kali, namun tetap tidak diindahkannya, hingga akhirnya aparat ‘menghadiahkanya’ tiga peluruh yang bersarang di tubuh bagiabn belakang pelaku yang membuat nyawanya tidak tertolong. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest