BAUBAU, BP- Ketua Umum Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Pusat Agung Laksono resmi melantik Roni Muhtar sebagai Ketua Kosgoro Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2020-2025, di Gedung Maedani, selasa malam (10/03).

Terpilih Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau Roni Muhtar sebagai Ketua Kosgoro Sultra berdasarkan Musyawarah Daerah (Musda) III Kosgoro Sultra, di mana Kota Baubau sebagai tuan rumah.

Sebagai langkah awal menakhodai Kosgoro Sultra, Roni terlebih dahulu kan menyusun komposisi pengurusnya. “Yang pertama itu tentunya kita akan menyusun dulu kepengurusan,” ucap Roni.

Wakil Ketua Umum Kosgoro 1957 Pusat, Samsul Bahari menyebut, kepengurusan Kosgoro 1957 tidak mengikat, siapapun bisa bergabung, mulai dari ASN, hingga politisi.

“Kosgoro itu organisasi sosial, bukan organisasi sosial politik, Kosgoro mengkader anggota agar dapat menjadi pemimpin,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekda Baubau Roni Muhtar hadiri Musyawarah Daerah (Musda) III PDK Kesatuan Organisasi Serba Guna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Provinsi Sultra, di Gedung Maedani, pada selasa siang (10/03).

Kegiatan yang bertema Kosgoro dan Percepatan Pembangunan Provinsi Sultra Berbasis Wilayah Kepulauan itu, turut dihadiri Wakil Ketua Umum Kosgoro Samsul Bahri, Ketua Kosgoro Sultra Alamsyah dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Baubau.

Dalam sambutannya, Roni mengapresiasi kehadiran Samsul Bahri di Kota Baubau menggantikan Ketua Umum Kosgoro Agung Laksono yang belum berkenan hadir saat itu.

“Saya mengucapkan terima kasih, ini suatu kehormatan Bapak Samsul Bahri bisa hadir di sini. Tadi saya bincang-bincang dengan beliau, katanya sudah dua kali beliau ke sini (baubau-red),” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kosgoro Samsul Bahri dalam sambutannya mengatakan, Ketua Umum Agung Laksono siap hadir pada pelantikan pengurus baru Kosgoro Sultra.

“Insya Allah pada saat pelantikan nanti hadir langsung Ketua Umum Agung Laksono yang merupakan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres),” ungkapnya.

Sedikitnya, ada empat poin yang ditekankan Samsul kepada pengurus Kosgoro di Wilayah Sultra, diantaranya konsolidasi organisasi, bergerak di bidang ekonomi, pengembangan sumber daya manusia, dan menghadirkan sumber daya politik.

Di tempat yang sama, Ketua Kosgoro Provinsi Sultra Alamsyah mengimbau jajarannya agar dalam merancang program kerja harus menyentuh masyarakat, mengingat Kosgoro adalah organisasi sosial masyarakat.

“Dalam membahas program kerja, tentunya kita mengharapkan kepada seluruh pengurus Kosgoro se Sultra, agar Kosgoro mempunyai program-program yang menyentuh masyarakat,” imbaunya.

Ia berharap, Musda III Kosgoro Sultra melahirkan pemimpin masa depan yang membawa Kosgoro lebih maju lagi. “Kami berpesan, Musda Kosgoro ini berjalan dengan baik. Karena siapapun yang terpilih menjadi ketua nanti mampu membawa perubahan,” tutup Alamsyah. (*)

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest