Peliput: Ujang Barakati

BAUBAU, BP – Akademisi Universitas Haluoleo (UHO) Kendari Dosen EPITEKA Geografi Surya Kurniawan ST MSc menyebut Kota Baubau rawan potensi tsunami rendah, mengingat letak Kota Baubau yang terletak di bibir pantai. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau diharapkan sigap mengantisipasi itu.

Demikian diungkapkan Surya Kurniawan ST MSc saat di wawancarai usai kegiatan Focus Group Discussion(FGD) Penyusunan Indeks Rawan Bencana Daerah.

Selain potensi tsunami rendah Kota Baubau juga terdapat titik yang memang rawan bencana lain seperti Banjir, Longsor maupun kebakaran.

Data-data dibangun berdasarkan data spasial menggunakan data penggunaan lahan, data kemiringan lereng, jenis tanah, jenis batuan cuaca ekstrem dan curah hujan. Itu yang di kompilasi kemudian dikelaskan untuk mendapatkan data indeks rawan bencana. Jadi ada proses perhitungan terlebih dahulu yang dilakukan sehingga di dapat kawasan-kawasan yang rawan bencana.

Daerah rawan longsor mencakup sorawolio Bungi dan sekitarnya, intensitas Kebakaran lahan yang besar di kecamatan Sorawolio. ini disebabkan banyaknya semak belukar yang terdapat di Kecamatan sorawolio. Mengapa semak belukar bisa rawan bencana kebakaran karna kalau musim hujan tanaman yang satu ini akan tumbuh subur tetapi ketika musim kemarau tiba semak belukar akan menjadi kering dan saat itu sangat rawan untuk terjadinya kebakaran. Sementara wilayah rawan banjir sendiri berada di lokasi pusat kota dengan jumlah penduduk yang padat.

“Makanya kemarin di turunkan bantuan dari pusat berupa papan jalur Evakuasi dengan tujuan memberi arahan kepada masyarakat jadi kalau terjadi sesuatu seperti bencana ada arah Tujuan yang jelas dan penanganan korban pun jelas disitu sebenarnya tujuannya. Tetapi terkadang masyarakat sering salah mengartikan solah-olah bakal terjadi bencana padahal bukan itu tujuannya ucap Surya Kurniawan.”

Bencana yang paling berpeluang besar terjadi di Kota Baubau yang pertama banjir dan puting beliung. Sementara data dari BPBD sudah siap dan akan dipublikasikan akhir Desember 2017 ini antara minggu kedua dan Ketiga.

Pin It on Pinterest