Peliput: Mashuri

BUTUR, BP- Beredar video berdurasi 1 menit 36 detik memperlihatkan aksi hambur-hambur uang yang dilakukan Gubernur Sultra H Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh pada Gala Dinner HUT Buton Utara yang ke 15.

Gubernur Sultra H Ali Mazi sedang melempar uang ke arah warga yang menyaksikan gala diner HUT Butur ke 15

Dalam video viral yang diunggah sejumlah akun media sosial terlihat Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Ketua DPRD, Abdurrahman Saleh, tengah menghamburkan uang kepada para warga yang sedang menonton acara hiburan.

Terlihat dan terdengar dalam Aksi hambur-hambur uang tersebut Ketua DPRD Aburrahman Shaleh sedang membawakan lagu Iwan Fals yang berjudul “Bento”.

“Sebuah video memperlihatkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, dan Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, tengah menghamburkan uang. Sontak saja video tersebut viral di media sosial (Medsos),” tulis narasi di video tersebut.

“Tak hanya itu, Selain Gubernur dan Ketua DPRD Sultra, nampak Bupati Buton Utara Ridwan Zakariah, juga melakukan hal yang sama,”

Sontak saja video ini pun mendapat banyak komentar dari warganet. Ada yang menganggap tradisi tersebut lumrah terjadi di Indonesia bagian Tengah.

“Hal yang wajar di indonesia tengah min.. di kalimantan dan sulawesi itu lumrah,” tulis akun @fad***

“Bagi 2 rezeki min!…. ngikutin roh jiwa” timpal akun lainnya.

“kan itu budaya, lihatlah dg scoope lebih luas duit nya juga duit gaji pribadi kali. Yang dikasi juga sumringah,” timpal akun @ric***

Namun banyak juga yang kemudian menganggap hal tersebut tidak bagus untuk dilakukan para pejabat publik.

“Disaat banyk rakyat yg masih harus diperhatikan disitulah mereka menghamburkan uang,” unggah akun @ste***

“Uang panas.. panas lama2 di kantong,” tulis akun lainnya.
“Hambur2kan uang ke panti asuhan lebih mannfaat dan barokahh bos,” unggah akun @sur**

di akun facebook SULTRA Info, video itu juga beredar dan mendapat tanggapan warganet. status akun itu menuliskan, “Asyik sawer-sawer viral…Ali Mazi Gubernur sultra & Ketua DPRD Sultra serta Bupati Butur sawer & hambur uang di acara ulang tahun kabupaten BUTON UTARA”.

“Mending iu uang disumbangkan di Panti…itu lebih bermanfaat, dan berkah,” tulis akun @afi***.

“Makang puji apa coba uang di hambur2 begitu,, Bagus itu uang bikin jln yg rusak sana eee…supaya semua masyarakat bisa nikmati Sama2,” tulis akun @Anhy***

Pada intinya warganet berkomentar miring atas aksi yang dilakukan para pejabat di Sultra itu. Mereka menyangkan ada aksi menghamburan uang itu tidak pantas di buat begitu.

Sementara itu, Kadis Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Sulawesi Tenggara Ridwan Badala mengatakan, kegiatan saweran yang dilakukan Gubernur Sultra Ali Mazi bersama sejumlah pejabat lainnya merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia, termasuk di Sultra

“Kita di Indonesia memberi uang sebagai hadiah sudah lumrah dalam sebuah perayaan, seperti Idulfitri, Imlek, perayaan pernikahan, kegiatan melayat, termasuk berbagai kegiatan tradisi lainnya,”

“Kalau perayaan hari raya kita kenal sebagai istilah THR atau tunjangan hari raya. Kalau imlek dikenal istilah angpao. Dalam sebuah hajatan di daerah Jawa dikenal dengan istilah nyawer sedangkan di daerah Buton dikenal dengan istilah Pasali,” ucapnya

baca juga: Ali Mazi Janji Jalan Provinsi Ronta-Maligano di Butur Dikerjakan Selesai Sebelum Masa Jabatannya Berakhir

“Yang dilakukan Gubernur Sultra adalah tradisi masyarakat Indonesia dalam meluapkan kegembiraan pimpinan terhadap masyarakatnya dalam suatu peristiwa perayaan HUT, sekaligus ungkapan rasa syukur dan terimakasih atas kehadiran mereka di acara tersebut dan bisa merasakan kegembiraan bersama masyarakat setempat,”(**)