Peliput: Iman Supa Editor : Hasrin Ilmi
Raha, BP-Pelayanan perekaman KTP elektronik (E-KKTP) di Kabupaten Muna terpaksa dihentikan sementara, pasalnya mesin perekaman mengalami gangguan (rusak), Dinas Catatan Sipil Dan Kependudukan (Dukcapil) hanya melayani masyarakat dalam pengurusan Kartu Keluarga maupun Akta Kelahiran.
Kepala Dinas Dukcapil, Abdul Munir yang ditemui diruang kerjanya. Jumat (21/10) menjelaskan mesin perekaman KTP Elektronik mengalami gangguan (rusak) sehingga untuk sementara waktu pelayanan diberhentikan sambil menunggu staf yang membawah alat untuk melakukan perbaiakan di Jakarta.
“Sejak minggu lalu pelayanan E-KTP diberhentikan sambil menunggu perbaikan di Jakarta”Jelasnya.
Munir menyebutkan, Warga pemula yang melakukan perekaman sebanyak 3.000 sampai saat ini belum tercerak Namun akan berupaya akan segera menuntaskan. “Pelayanan E-KTP sejak 10 hari yang lalu diberhentikan. Sementara melayani pengurusan KK maupu Akta Kelahiran”katanya.
Lanjutnya, setelah alat perekaman telah normal kembali berencana akan turun ke sekolah maupun di kecamatan yang janguan dengan kota jauh.
“Ktp elektronik yang lalu yang berakhir 2017 berlaku seumur hidup sepanjang tidak rusak. Akan tetap digunakan berbagai urusan hal ini sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 470/296/SJ”tambahnya.
Munir menghimbauan masyarakat agar proaktif dalam perekaman e-ktp sebab Administrasi ini sangat penting walaupun Pada 2 oktober lalu kehabisan blangko namun pemerintah pusat telah mengantisipasi dengan blangko sementara yang berlalu sama seperti KTP pada umumnya. (*)