Alfamidi di Jalan Betoambari

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Perusahaan retail Alfamidi kini telah berekspansi ke Kota Baubau. Namun hingga kini gerainya belum beroperasi, karena belum memiliki persetujuan komitmen pemerintah daerah (Pemda) Kota Baubau.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Baubau, Suarmawati mengatakan, Alfamidi saat ini baru memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Keduanya ini berlaku jika sudah ada persetujuan komitmen Pemda.

Alfamidi di Jalan Betoambari
Alfamidi di Jalan Betoambari

“Ini yang belum dimiliki Alfamidi. Makanya kemarin itu harusnya Jumat mereka peresmian, namun belum bisa karena belum ada persetujuan komitmen Pemda,” katanya saat ditemui Selasa (25/11).

Persetujuan Komitmen Pemda itu dikeluarkan oleh DPM-PTSP setelah ada rekomendasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau sebagai instansi teknis. Disperindag akan mengkaji kelayakan diberikannya persetujuan komitmen Pemda.

Suarmawati menyebut, saat ini baru terdapat tiga gerai di Kota Baubau yakni di Jalan Betoambari (Gedung Annisa), Jalan Pahlawan Bukit Wolio Indah, dan Yustisari.

Sebelumnya kehadiran Alfamidi ini juga mendapat penolakan dari Mahasiswa. Pihaknya mengaku didatangi sekelompok massa yang meminta agar operasional Alfamidi tidak dilanjutkan.

“Saya sampaikan kepada mahasiswa, mari kita kaji ini. Kalau hasil kajian dari instansi teknis bahwa sisi positifnya lebih besar dibanding negatifnya, kenapa tidak kita lanjutkan. Tetapi kalau hasil kajiannya negatifnya lebih besar, maka kita hentikan,” terangnya.

Suarmawati menambahkan, Kota Baubau adalah daerah yang memiliki dinamika cukup tinggi, sehingga kebutuhan masyarakat akan barang juga semakin hari semakin meningkat. Olehnya, pihaknya mempersilahkan investor untuk menanamkan modalnya di Kota Baubau, selama sesuai aturan yang berlaku.

BACA JUGA: DPM-PTSP Baubau Sosialisasikan Perizinan Usaha Berbasis Online

“Selain itu dari sisi lapangan pekerjaan, dalam persetujuan komitmen kita akan muat bahwa masyarakat lokal kita berdayakan untuk menjadi tenaga kerjanya,” imbuhnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest