BAUBAU, BP- Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) badan Amil Zakat nasional (Baznas) Kabupaten/Kota se-Sultra yang dilaksanakan di Aula kantor Walikota Baubau, Kamis (05/12) mendapatkan apresiasi dari Gubernur Sultra H Ali Mazi SH.

Gubernur Sulawesi Tenggra H Ali Mazi SH melalui Asisten III Setda Provinsi Sultra Dra Hj Wa Ode Zanuriah MSi mengatakan, kegiatan Rakorda Baznas se-Sultra tahun 2019, merupakan wujud implementasi UU Nomor 23 tahun 2011, di mana hal itu merupakan upaya memperkuat pengelolaan zakat di Sultra.

“Saya selaku pimpinan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menyambut dan mengapresiasi pelaksanaannya kegiatan Rakorda Baznas se-Sulawesi Tenggara tahun 2019, sebagai salah satu wujud implementasi amanah UU nomor 23 tahun 2011, tentang pengolahan zakat. Sekaligus bentuk komitmen bagi Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam upaya memperkuat kelembagaan pengolahan zakat demi peningkatan peran dan optimalisasi pemungutan zakat, infaq dan sedekah di wilayah Sulawesi Tenggara,” kata Hj Wa Ode Zanuriah.

Dikatakan, dengan diberikan tanggung jawab kepada Baznas berdasarkan UU No 23 tahun 2011 dalam pengelolaan zakat, diharapkan Baznas mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya agar lebih obyektif, produktif, mandiri dan profesional.

“Terbitnya UU nomor 23 tahun 2011 tentang pengolahan zakat menjadi jawaban komitmen pemerintah terhadap upaya penguatan kelembagaan Baznas sebagai lembaga yang diberi wewenang dan tangung jawab dalam pengelolaan zakat secara nasional, dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi serta pemberdayaan zakat lebih obyektif, produktif, mandiri dan profesional,” ungkapnya.

Sementara itu Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH melalui Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse SPd juga menyatakan kegembiraan pemerintah Kota Baubau, ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan Rakorda Baznas se-Sultra 2019.

“Atas nama pemerintah kota kami sangat berbanga hati telah dikunjungi oleh Baznas nasional pusat, Provinsi Sulawesi Tenggara dan seluruh Baznas Kabupaten/ Kota se Sultra dalam rangka kegiatan rapat koordinasi daerah Baznas se-Sultra yang dilaksanakan di Kota Baubau,” tuturnya

Ia berharap dengan terlaksanan kegiatan Rakorda, Baznas Kota Baubau ke depannya memiliki terobosan agar masyarakat sadar arti pentingnya zakat kepada seluruh masyarakat.

“Harapan kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya sebuah serimonial saja, tetapi lebih dari itu banya terobosan-terobosan yang mampu membuat Baznas lebih berati di tengah-tengah masyarakat, Baznas harus bisa membuktikanya sehingga bermanfaat bagi umat dan semua orang,” pungasknya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest