Laporan : Hasrin Ilmi

BAUBAU,BP-Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, mengaku bakal memperjuangkan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Untuk itu, Ali Mazi Yang juga putra daerah Kepton ini meminta doa dan dukungan masyarkat Kepton untuk mendukung perjuangkan Provinsi Kepto.

Gubernur Sultra, Ali Mazi menerima plakat dari Rektor Unidayan usai menyampaikan kuliah umum

Hal ini dikatakan Ali Mazi saat memberikan kuliah umum di Universitas Dahyanu Ikhsanuddin (Unidayan), Kamis (3/2/2020).

“Saya minta doa kepada seluruh masyarakat agar perjuangan pembentukan bisa terealisasi secepatnya agar Kepton dapat terwujud,”harapannya.

Dikatakan, perjuanganpemekaran Provinsi Kepton dilakukan semata-mata untuk mengembalikan sejarah, dimana saat itu Kabupaten Buton adalah Ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Tapi kita masih menunggu pemerintah membuka kran moratorium. Kalau moratorium dibuka, kita akan masuk,” kata orang nomor satu di Sultra ini.

Sebelumnya, berdasarkan surat Kepala Bagian Sekretariat Badan Legislasi DPR RI, Widiharto, nomor: 2147/LG.01.01/1/2022, tertanggal 26 januari 2022, tentang rapat penjelasan pimpinan komisi II DPR RI, terkait Rencana Undang-undang (RUU) pembentukan provinsi baru, tak terdapat nama Kepton.
baca juga: Kapolda Sultra Resmikan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sultra

Yang ada hanya, Provinsi Bali, NTB, NTT, Jambi, Riau, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, Pegunungan Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya. (*)