Orang Tua Merantau, “Anak Tak Dapat Pengawasan”

BAUBAU, BP- Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memberikan pembinaan serta pengawasan terhadap anak dirumah rupanya telah membuat animo belajar siswa di sekolah cenderung menurun. Hal itu yang dirasakan SDN Kalia-lia saat ini.

Tak heran, Kepala SDN Kalia-lia Rufina SPd SD saat dikonfirmasi Baubau Post, Rabu (19/02) mengungkapkan, mayoritas masyarakat dilingkungan Kalia-lia mencari bermata pencaharian diluar daerah (Perantau-Red), sehingga anaknya harus titipkan ke pihak keluarga.

” Disini, siswanya belum terlalu minat dalam belajar, dari kehadiran yang saya lihat ini masih perlu diperbaiki lagi. Siswa disini kebanyakan tinggal bersama nenek atau paman, karena orang tuanya harus merantau,” ungkapnya.

Memahami kondisi itu, pihak sekolah harus bekerja ekstra dalam mengefesiensikan tugas pokok guru yakni melaksanakan pendidikan, pengajaran, serta pembimbingan secara maksimal.

” Saya selalu duduk di parkiran untuk mengawasi siswa agar mereka tidak membuka pagar karena biar diberitahu mereka tetap membukanya. Bukan hanya itu, bahkan cara berpakean mereka yang masih perlu diperbaiki karena pada hari Senin banyak yang tidak memakai topi,” jelasnya.

Olehnya itu, Rufina berharap agar orang tua siswa dapat mengambil peran dalam melaksanakan tugas pembinaan, guna membangun karakter (Positif) siswa baik di rumah maupun di sekolah. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest