WAKATOBI, BP – Polda Sultra bersama jajarannya secara serentak menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dengan tujuan untuk memastikan kesiapan personil berserta peralatan dalam rangka menghadapi bencana alam, tidak terkecuali Polres Wakatobi.

Dalam sambutannya, Brigadir Jendral Polisi Drs Merdisyam MSi melalui Bupati Wakatobi H Arhawi SE MM didepan Polres Wakatobi pada Kamis (09/01) mengatakan, saat ini wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memasuki musim penghujan, sehingga potensi bencana alam sangatlah besar.

” Seperti yang terjadi ditahun 2019 di Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Kolaka, Kolaka Utara dan Kota Kendari. Untuk itu perlunya adanya peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan bencana,” katanya.

Selain itu, dijelaskannya pula bahwa penaggulangan bencana merupakan urusan pihak pemerintah. Meski demikian, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi bencana nantinya.

” Melalui apel siaga ini diharapkan dapat memberikan bekal dan pengetahuan serta keterampilan yang cukup, sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat,” ulasnya.

Sebelum menutup sambutannya, dipertegaskan kembali bahwa prinsip penaggulangan bencana sebagaimana amanat UU No 24/2007, yakni cepat tanggap menimalisir korban dan kehilangan harta benda. Prioritas yaitu, mengutaman penyelamatan manusia, kemudian harta. Koordinasi dan terpadu antara instansi pemerintahan dan masyarakat.

Selain itu harus berdaya guna, dimana memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya sebaik mungkin, Transparansi dan akuntabilitas. Selanjutnya kemitraan, dimana penaggulangan bencana dilakukan oleh semua pihak. Pemberdayaan, non diskriminatif dan non proletisi.

” Dilarang memanfaatkan keadaan untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu, misalnya politik dan agama,” tutupnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest