Peliput: Gustam – Editor: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Untuk mengantisipasi kecelakaan kapal dalam menghadapi cuaca buruk yang terjadi pada awal tahun, Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Murhum Kota Baubau kerap melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan kapal yang hendak berlayar, serta alat-alat pengamanan penumpang.

Kepada Baubau Post, Kepala UPP Murhum Kota Baubau Marlent saat ditemui diruang kerjanya pada Senin (23/01) mengatakan, mengingat gelombang laut saat ini bisa mencapai ketinggian 2,5 meter, maka pihak UPP mengutamakan pemeriksaan terhadap kesiapan kapal, mulai dari alat-alat keselamatan, alat penolong, mesin kapal, tabung pemadam kebakaran, radio kapal, dan beberapa kelengkapan lainnya.

“Ini kan cuaca keras dengan ketinggian ombak 2 – 2,5 meter, jadi kesipan kami itu mengecek semua kapal sebelum berangkat, alat-alat keselamatan itu harus siap, alat penolong, mesin kapal, tabung-tabung pemadam kebakaran, radio, pokoknya semuanya harus siap di gunakan,” jelas Marlent.

Bahkan kata Marlent, sebelum kapal berlepas dari dermaga, pihak UPP terlebih dahulu lakukan koordinasi kepada pihak BMKG Stasiun Betoambari Baubau untuk mengetahui perkembangan cuaca. Jika cuaca dalam keadaan buruk, maka keberangkatan kapal yang hendak bertolak dari Pelabuhan Murhum akan ditunda.

“Sebelum kami izinkan berangkat, kami harus mengecek cuaca dulu yakni koordinasi dengan BMKG, apabila cuaca tidak memungkinkan, maka kita tunda keberangkatannya,” ungkapnya.

Dijelaskan, UPP juga mengajarkan kepada para penumpang tata cara penggunaan jaket penolong yang disediakan. Selain itu, UPP Murhum juga selalu menyiapkan Kapal SAR untuk pengevakuasian jika terjadi kecelakaan laut.

“Untuk penumpang kita simulasikan tata cara penggunaan jaket penolong yang di kapal, muatan juga kita kurangi, kita juga sediakan Kapal SAR jangan sampai terjadi sesuatu,” jelasnya.

Marlent juga mengimbau kepada masyarakat, untuk jeli melihat kondisi cuaca, dan sebisa mungkin mengurungkan niat untuk berangkat jika dinyatakan cuaca lagi tidak bersahabat.

“Kepada masyarakat kita himbau, jika memang cuaca tidak memungkinkan, jangan memaksakan keberangkatan,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest