Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Ratusan warga Baubau mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama dengan Izzie Home BauBau. Kegiatan vaksinasi ini diberikan kepada keluarga besar karyawan Izzie Home BauBau dan masyarakat yang antusias ingin melakukan penyuntikan Vaksin – Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Drs. Rahmat Tuta, M.Si melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Baubau, Marfiah Tahara, SKM saat ditemui awak media, Selasa (01/06) mengatakan, pada kegiatan ini tidak hanya melayani vaksinasi Covid-19 tahap kedua kepada besar karyawan Izzie Home BauBau, termasuk ada melainkan juga pihaknya melayani masyarakat yang datang untuk melakukan vaksinasi tahap pertama.

Ratusan Warga Baubau saat melaksanakan vaksinasi Covid-19

” Sasaran yang kami targetkan hari ini mencapai dua ratus dan semua terlaksana, sekarang kami terus lakukan pelayanan karena ada juga masyarakat yang datang diluar kerayawan Izzie Home BauBau yang mendaftar untuk dilakukan penyuntikan vaksin- Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, walaupun pelaksanaan Vaksinasi ini bertepatan dengan hari libur yakni Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2021, pihaknya selalu sigap dalam memberikan pelayanan, ini dibuktikan pada kegiatan tersebut pihaknya menurunkan tiga Puskesmas untuk bersama-sama melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

” Puskesmas yang melakukan tugas hari ini, yaitu Puskesmas Liwuto, Puskesmas Lowu-Lowu dan Puskesmas Bungi. Untuk hitungan kasarnya, vaksin Covid-19 yang diberikan kepada masyarakat hampir mencapai angka 13.000,” terangnya.

Lanjut ia mengatakan, pemberian vaksin ini bukan hanya untuk karyawan Izzie Home BauBau melainkan dengan keluarganya, hal itu dikarenakan kesadaran dari para karyawan yang merasakan manfaat dari pemberian vaksin tersebut untuk mereka dan keluarganya.

” Kami berharap seluruh masyarakat untuk tidak ragu dan takut mengikuti vaksinasi Covid-19,” tutupnya.

Ditempat yang sama salah satu peserta vaksinasi Covid-19 yang berasal dari negara Republik Chili yang berada di Amerika Selatan, Valleria mengatakan jika pemberian vaksinasi ini cukup penting dan dibutuhkan semua masyarakat untuk melawan virus Corona yang sudah mendunia, sehingga dirinya juga mau untuk melakukan vaksinasi. Apalagi dirinya yang akan pulang ke negaranya, dimana semua masyarakatnya sudah ikut vaksinasi.

” Dinegera saya sudah vak sin, itu sebabnya orang yang mau masuk ke negara saya harus sudah vaksin dan ini kemauan saya sendiri untuk ikut vaksin,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika saat ini dirinya telah menerima vaksinnasi Covid-19 tahap dua dimana saat pemberian vaksin tahap pertama dirinya tidak merasakan gejala sakit maupun hal lainnya. ” Saya pikir itu semua orang tidak perlu merasa seperti takut karena tidak sakit, itu mungkin tergantung orang dari psikologinya, tapi tidak ada masalah dan saya pikir semua orang butuh vaksin di indonesia, karena itu masalah virus keseluruh dunia dan bagaimana bisa hilang semua virus semua orang taat protokol kesehatan ,” ujarnya.

baca juga: Bersinergi PNM Baubau dan Kejari Muna Teken Kesepakatan Penanganan PTUN

Lanjut dikatakan, jika dirinya telah dua tahun berada di Kota Baubau yang dimana ia datang untuk mempelajari Budaya Buton dan Budaya Indonesia. (*)

Pin It on Pinterest