Peliput: Durian
WAKATOBI, BP – Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda SE, mengharapkan dengan dibukanya rute penerbangan langsung dari Makassar – Wakatobi oleh pihak Maskapai Wing Air, akan berjalan lancar dan normal. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan terbuka juga rute penerbangan lainnya.
“Penerbangan ini diharapkan ketika sudah jalan maka penerbangan Makassar- Wakatobi dan sebaliknya akan diperluas. Artinya, ketika sudah normal maka penerbangan rute Wakatobi dari berbagai daerah lain di Indonesia akan terbuka juga,” harap Arhawi Ruda, disela-sela peresmian pendaratan perdana pesawat Wings Air di Bandara Matahora Wakatobi, Kamis (1/12).
Menurut Arhawi Ruda, dengan terbukanya penerbangan langsung Makassar – Wakatobi, akan terbuka peluang Bandara Matahora Wakatobi menjadi bandara transit di kawasan timur Indonesia. “Adanya penerbangan langsung Makassar – Wakatobi, kedepan kita peluang bandara Matahora menjadi bandara transit terbuka lebar khususnya di kawasan timur Indonesia,” ucap Bupati Wakatobi.
Kata Arhawi Ruda, dibukanya rute penerbangan langsung Makassar – Wakatobi akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wakatobi. Pasalnya, rute Wings Air sebelumnya dari Kendari ke Wakatobi sudah sangat signifikan. “Peningkatan kunjungan wisatawan dari Kendari ke Wakatobi bisa dilihat seperti hari ini, sangat luar biasa. Terjadi peningkatan yang signifikan,” kata Arhawi Ruda.
Dengan dibukanya rute baru Makassar – Wakatobi, Arhawi Ruda, optimis akan mengurangi tingkat kepadatan angka kunjungan di Wakatobi. “Rute baru ini diharapkan bisa mengurangi lonjakan penumpang dimana hingga akhir tahun 2016 ini lonjakan penumpang baik dari Kendari ke Wakatobi dan sebaliknya sangat luar biasa,” ujar Arhawi Ruda.
Arhawi Ruda, menambahkan jika penerbanagn perdana pesawat Wings Air rute Makassar – Wakatobi merupakan prestasi pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Wakatobi. “Semua usaha yang kita bangun selama ini, mulai dari Pak Hugua hingga pemerintahan baru yang kami lanjutkan hari ini adalah usaha bersama masyarakat agar Wakatobi semakin maju,” tambahnya. (***)