Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda SE, menyebut usia Wakatobi yang kini memasuki 13 Tahun, ibarat gadis remaja yang senantiasa memancarkan aura menggoda dengan mengukir prestasi melalui keindahan alam bawah laut serta kearifan local lainnya.

Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Wakatobi ke 13 Tahun 2016, di lapangan Merdeka Wangi-Wangi, Minggu (18/12). Dalam sambutannya, Arhawi Ruda, mengatakan diusia ke 13 tahun tersebut sekaligus ajang merefleksi serta mengintropeksi tanggung jawab seluruh elemen dalam eksistensi menjaga kekayaan alam bawah laut. Terpenting lagi, momen perinagatan HUT Wakatobi sebagai wujud rasa syukur kepada pendiri terbentuknya Kabupaten Wakatobi.

“Peringatan HUT Wakatobi ke 13 ini, sebagai wujud rasa syukur terhadap para perintis terbentuknya Kabupaten Wakatobi. Para pendiri terbentuknya Wakatobi harus dijadikan soko guru karena merekalah yang berjasa dibalik seluruh keberhasilan Wakatobi hingga saat ini,” kata Arhawi Ruda

Menurut Arhawi Ruda, selama 13 tahun Kabupaten Wakatobi menjadi daerah otonom telah banyak diuntungkan dari pilar-pilar seluruh pejuang pendiri Kabupaten Wakatobi. “Sejak Wakatobi menjadi kabupaten, kita telah banyak diuntungkan dari pilar-pilar prestasi para pejuang pendiri Wakatobi yang kita cintai ini,” ujarnya.

Meskipun telah tiada beberapa orang para pendiri Wakatobi, namun jasa-jasanya akan selalu terkenang. “Meski para pendiri Wakatobi ini sudah ada yang telah berpulang (meninggal, red), namun jasa-jasanya akan selalu dikenang oleh seluruh masyarakat Wakatobi. Marilah kita senantiasa bersyukur dan mendoakan para pejuang Wakatobi,” ajak Arhawi Ruda.

Untuk diketahui bahwa upacara peringatan HUT Wakatobi ke 13 Tahun 2016, selain dihadiri seluruh unsure pimpinan daerah, kepala-kepala SKPD, anggota DPRD. Hadir pula tamu undangan lainnya seperti Pj. Bupati Buton Efendi Kaimudin, Ketua DPRD Maluku Utara serta Jepara Provinsi Jawa tengah. (***)