Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP-Komedian asal Kota Baubau Arie Kriting ikut menyoroti kasus pencoretan meriam yang merupakan peninggalan sejarah di Benteng Keraton Wolio-Buton yang berada di Kota Baubau.

Perhatian serius Arie Kriting ditnjukan dengan membuat sebuah sayembara melalui akun Instagram pribadinya untuk menangkap pelaku vandalisme yang mencoret-coret situs peninggalan sejarah atau meriam di Benteng Keraton Buton, Selasa (14/6/2022).

Dalam akun instagram tersebut, Arie Kriting akan memberikan imbalan sebesar Rp5 juta bagi siapa saja yang memiliki informasi mengenai pelaku serta bisa menunjukkan bukti perbuatan tidak terpuji tersebut.

“Sayembara! Untuk yang memiliki informasi mengenai pelaku dan buktinya, kami sediakan imbalan Rp5 juta,” tulis Arie Kriting dalam pamflet sayembara yg diunggah melalui akun Instagram Arie Kriting.

Sebagaimana diketahui sejumlah meriam peninggalan sejarah yang ada di Benteng Keraton Wolio-Buton yang ada di Kota Baubau dicoret menggunakan pewarna bergambar hati oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kasus pencoretan benda bersejarah tersebut diketahui berawal dari media sosial. Foto yang diunggah langsung viral dan akhirnya mendapat tanggapan serius dari Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi. Dia pun bergegas melaporkan perbuatan tidak terpuji ke Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

baca juga: Pemkot Baubau Bangga Ibu Iriana Jokowi Kenakan Syal dan Mutiara Yang Dibelinya di Stand UMKM Baubau Selama Berada di Wakatobi

Coretan itu pun kini sudah dihapus oleh pihak Dinas Pariwisata Kota Baubau. Meskipun begitu, Aparat Kepolian tetap memburu pelakunya. Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo ketika dihubungi media ini mengatakan akan berupaya mengejar pelaku karena telah merusak peninggalan milik masyarakat Buton. (**)