Pewarta: Mashuri

BAUBAU,BP-Dua pelaku yang melakukan aksi vandalisme mencoret-coret meriam yang berada di Benteng Keraton Wolio-Buton di Kota Baubau akhirnya dapat diketahui. Mereka adalah anak yang masih dibawah umur.

Hal itu diketahui dari status insagram Komedian Arie Kriting yang dinggahnya pada Kamis tanggal 16/06/2022.

“Alhamdulillah, pelaku sudah ditemukan. Bersedia bertanggung jawab dan menyerahkan diri. Terima kasih kepada keluarga yang telah memfasilitasi. Pelaku masih anak-anak di bawah umur, dan tidak akan kami ekspose. Semoga ini menjadi pengingat bagi kita bersama mungkin sudah jarang kita membahas dan mengingatkan generasi kita, mengenai pentingnya menjaga warisan nenek moyang. Kabarakatina Tana Wolio,” Demikim isi Instagram Arie Kriting, Kamis (16/6/2022).

Dalam postingan Arie Kriting jelas disebutkan dua pelaku masih di bawah umur dan tidak akan dia ekspose. Arie Kriting bahkan mengaku telah berbicara langsung dengan para pelaku dan pihak keluarga.

“Selanjutnya proses pembinaan dan lainnya kami kembalikan kepada pihak keluarga. Terimakasih semuanya. mari kita menjaga segala warisan bangsa kita. Terutama melalui edukasi kepada generasi penerus, hormat,” lanjutan tulisan Arie Kriting dalam status Instagramnya.

Sebelumnya Arie Kriting membuat sayembara bagi siapa yang mengetahui informasi terkait pelaku vandalisme yang mencoret-coret meriam di Benteng Keraton Buton,maka akan diberi imbalan Rp 5 juta.

“Mungkin melalui tangan anak-anak ini, kita diingatkan untuk lebih memperhatikan warisan budaya dan sejarah bangsa kita. Ini baru pertama kalinya terjadi dan semoga menjadi yang terakhir kalinya,” tulis Arie dalam insagramnya.

baca juga: Perisai Minta Kejaksaan Tindak Lanjuti Laporan Kasus Lapangan Stadion Betoambari, Kasi Intel: Penegakan Hukum Tidak Boleh Melanggar Hukum

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo mengatakan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Dia menyebut pihaknya masih terkendala dengan saksi-saksi yang melihat atau menyaksikan pelaku vandalisme tersebut.(*)