Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Untuk melayani angkutan arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi, ASDP Cabang Baubau siapkan 11 armada Ferry yang melayani 12 lintasan pelayaran

Adapun 12 rute pelayaran tersebut yaitu, Baubau-Waara, Tampo-Torobulu, Labuan-Amolengu, Kendari-Langara, Kamaru-Wanci, Baubau-Siompu, Raha-Pure, Baubau-Donggala, Donggala-Mawasangka, Mawasangka-Donggala-Kasipute, dan Baubau-Tolandona.

Manager Operasi ASDP Cabang Baubau, Supriadi

Manager Operasi ASDP Cabang Baubau, Supriadi saat dikonfirmasi diruangannya mengatakan, 11 armada ferry yang disiapkan sudah di-ramp check dan dinyatakan layak berlayar untuk melayani 12 lintasan pelayaran.

Selain itu, pihaknya juga rutin melaksanakan docking atau perawatan kapal. Perawatan dilakukan tiap tahun, untuk menyiapkan kapal sebelum melayani penumpang.

“Seperti KMP Rubiah, KMP Tenggiri, KMP Bahteramas, dan KMP Cendrawasih II sudah menjalani docking tahunan. Sedangkan KMP Semumu sementara menjalani dockingdocking,” jelasnya.

Kemudian, dari 12 lintasan pelayaran, terdapat tiga rute yang diprediksi akan padat penumpang pada H-4 lebaran nanti, yaitu rute Baubau-Waara, Tampo-Torobulu dan Labuan-AmolenguLabuan-Amolengu.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pada lintasan tersebut, pihaknya akan kmenambah jumlah armada. Pada rute Baubau-Waara dan Tampo-Torobulu ditambah menjadi tiga unit.

baca juga: Siapkan Rp 10 Miliar, THR ASN di Buteng Mulai Dibayarkan H-10 Lebaran

“Sementara di Labuan-Amolengu beroperasi dua kapal dengan kapal swasta, tetapi kalau lintasan-lintasan itu terjadi penumpukan kita tetap tambah trip,” tutupnya.(*)