Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Destinasi Wisata Jembatan Lingkar Lapoili di Kabupaten Buton Selatan (Busel) berhasil masuk sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 yang diselenggarakan oleh pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Jembatan lingkar Lapoili yang berlokasi di Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa lolos pada nominasi API 2021 ini masuk 10 besar pada kategori Destinasi Wisata Kreatif.

Jembatan lingkar Lapoili, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan

Kepala Dinas Pariwisata La Ode Haeruddin melalui Kepala Bidang Promosi Suriati mengatakan dari 18 nominasi API 2021 yang lombakan, Kabupaten Buton Selatan mengajukan 6 nominasi saja yang diikut sertakan dalam ajang API 2021. Hasilnya, hanya Destinasi wisata Jembatan Lingkar Lapoili yang berhasil masuk 10 besar dalam kategori Destinasi Wisata Kreatif.

“Awalnya kita mengajukan pada 6 kategori yakni destinasi wisata kreatif yang diwakili oleh Jembatan Lapoili, situs sejarah yang kita pilih adalah mesjid tua Wawoangi dan kategori surga yang tersembunyi kita ajukan pulau Liwutongkidi dan pantai Lakadao. Dikategori dataran tinggi ada teluk Labulengke, kategori ekowisata terpopuler kita andalkan wisata jeruk siompu dan destinasi wisata baru kita mengajukan pantai tampano one,” jelasnya, saat ditemui di Kantor Dinas Kominfo Busel, Selasa (22/6).

Walaupun hanya satu kategori destinasi wisata yang diikutkan lolos masuk dalan nomonasi API 2021, Suriati berharap Destinasi Wisata Jembatan Lingkar Lapoili mendapat dukungan melalui vote dari masyarakat Kepulauan Buton baik yang berada dalam daerah maupun yang telah berdiaspora pada beberapa daerah di Indonesia.

“Kalau vote itu dimulai sejak 1 Juli 2021 hingga Oktober 2021 ini dan penilaiannya murni melalui jumlah vote terbanyak. ayo dukung jembatan lingkar Lapoili agar menjadi pemenang diajang API 2021, semua dapat mendukung dengan cara sms ketik API 15E kirim ke 99386 atau like dan subscribe melalui aplikasi YouTube, Instagram dan facebook,” ujarnya.

Ia menambahkan Pemkab Busel telah 2 tahun berturut-turut berpartisipasi dalam ajang API Awards. Tahun lalu Bukit Lamando masuk dalam nominasi kategori dataran tertinggi dan terpopuler namun hanya meraih peringkat lima.

baca juga: Bupati Arusani Apresiasi TP PKK Busel

“Ditahun ini Destinasi wisata Jembatan lingkar Lapoili masuk nominasi API pada kategori Destinasi Wisata Kreatif, kita berharap dapat meraih juara, untuk itu ayo dukung dan vote sebanyak-banyaknya,” tukasnya. (*)

Pin It on Pinterest