BAUBAU, BP- Gedung menara pandang yang berfungsi sebagai museum akan menjadi salah satu icon Kota Baubau. Gedung menara pandang akan dibangun di kawasan simpang lima Palagimata, sekaligus menjadi salah satu terobosan pembangunan pemerintahan AS Tamrin-Maasra.

Walikota Baubau H AS Tamrin pasca berkunjung di Kota Jambi dan berkunjung ke salah satu museum Gentala Arasy di Jambi mengatakan pihaknya akan membuat perbandingan dan sekaligus bisa mengadopsi apa-apa saja yang sekiranya bisa dibangun di Kota Baubau.

“Banyak manfaatnya berkunjung di Kota Jambi. Seperti museum ini, kita juga di Kota Baubau akan membangun hal serupa tapi namanya gedung menara pandang. Nanti isinya banyak mendokumentasikan foto-foto sejarah, riwayat berdirinya Baubau dimulai dari kerajaan Buton, lalu Keseultanan Buton dan seterusnya,” AS Tamrin.

Untuk mewujudkan itu, maka beberapa SKPD seperti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta tokoh masyarakat dan tokoh budaya akan berkolaborasi membahas tempat khusus untuk belajar dalam gedung menara pandang itu.

“Semua ini dilakukan agar masyarakat bisa mengerti sejarah daerah ini dan juga budayanya. Bukan lagi katanya-katanya. Dalam gedung menara pandang ini akan terdokumentasi dengan baik. Seperti monumen budaya, disajikan secara lengkap dan secara aktual,” jelas AS Tamrin. (***)

Laporan: Ardi Toris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *