Foto bersama usai penyerahan bantuan dari Bank Syariah Mandiri di salah satu masjid di Kota Baubau

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Bank Syariah Mandiri (BSM) Baubau menyalurkan bantuan modal usaha. Program BSM Mengalirkan Berkah (BMB) ini digelar memperingati hari ulang tahun BSM tanggal 1 November 2020.

Ada tiga masjid yang disasar yakni masjid di palatiga, masjid Kelurahan Kaobula, serta satu masjid di Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan. Bantuan diserahkan langsung oleh Branch Manager BSM Baubau Muhammad Fauzy Uno.

 Foto bersama usai penyerahan bantuan dari Bank Syariah Mandiri di salah satu masjid di Kota Baubau
Foto bersama usai penyerahan bantuan dari Bank Syariah Mandiri di salah satu masjid di Kota Baubau

Muhammad Fauzy Uno menjelaskan, BMB merupakan program sinergi Mandiri Syariah dan Laznas BSM Umat untuk masyarakat termasuk mereka yang terdampak Covid-19. Total bantuan Rp 15 Juta.

“Program BMB ini menyasar empat concern utama yakni ketahanan pangan, pendidikan, kesehatan dan bantuan modal usaha untuk masyarakat,” jelasnya saat dikonfirmasi Selasa (03/11).

Untuk ketahanan pangan diberikan dalam bentuk bantuan sembako. Sementara bantuan pendidikan disalurkan melalui program orang tua asuh atau beasiswa bagi pelajar yatim dan dhuafa sebesar Rp 300 ribu per siswa setiap bulannya.

Sedangkan untuk bantuan kesehatan, pihaknya berikan dalam bentuk bantuan alat sanitasi, sarana cuci tangan, masker, handsanitizer, desinfektan, thermometer dan alat kesehatan lainnya.

“Adapun untuk bantuan modal usaha kecil (ultra micro) diberikan kepada masyarakat terdampak covid misalnya pedagang, tukang ojek, dengan maksimal nilai bantuan Rp 500.000, per 1 usaha,” terangnya.

Dikatakan, BMB juga merupakan implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Mandiri Syariah yang ditujukan bagi kemaslahatan umat dan lingkungan dengan memfungsikan masjid sebagai distribution channel dan basis pelaksanaan program.

Dia menegaskan, dalam program tersebut, Mandiri Syariah tidak hanya berorientasi pada profit, namun juga people (masyarakat dan umat) dan lingkungan dalam menjalankan operasionalnya.

“Olehnya kita turut melibatkan seluruh stakeholders, termasuk nasabah dan pegawai untuk memberikan nilai tambah kepada umat dan lingkungan,” tandasnya.

Pandemi Covid-19 ini, imbuh Fauzy Uno, merupakan ujian bagi semua dan mendorong masyarakat untuk saling peduli kepada sesama dan mereka yang secara ekonomi juga terdampak.

“Karena itu kami berterima kasih kepada nasabah dan pegawai yang bahu membahu berdonasi dan berkontribusi dalam program BMB ini,’’ imbuhnya.

Dia menuturkan, secara teknis, Mandiri Syariah akan menilai aspek apa yang menjadi kebutuhan prioritas masjid sesuai persetujuan pihak masjid dan kemudian masjid akan memberikan rekomendasi penerima sesuai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Berupaya menjadi sahabat finansial, spiritual dan sosial bagi nasabah serta menempatkan customer centric sebagai prioritas, Mandiri Syariah fokus pada produk retail dan konsisten melakukan inovasi dalam layanan digital.

Layanan digital diimplementasikan dalam aplikasi Mandiri Syariah Mobile, Net Banking maupun layanan digital branch. Diantaranya fitur buka rekening online, tarik tunai tanpa kartu ATM, layanan interaktif virtual yang dapat diakses selama 24 jam (Aisyah) di mana ketiga fitur tersebut baru dimiliki oleh Mandiri Syariah. Ataupun fitur layanan khas syariah lainnya seperti info waktu salat, lokasi masjid terdekat, ziswaf.

“Sehingga sampai September 2020, kinerja Mandiri Syariah tumbuh dengan baik, resilient, dan solid dengan kualitas yang terjaga,” tuturnya.

BACA JUGA: Gandeng Perbankan Dan Pemda, OJK Gelar Literasi Keuangan Bagi Nelayan Buteng

Menanggapi itu, salah satu perangkat masjid Kaobula Kota Baubau, La Ode Burhanuddin mengucap syukur dan terimakasih atas bantuan modal usaha untuk masyarakat yang sudah diberikan oleh BSM.

“Semoga BSM ke depan memberi bantuan-bantuan selanjutnya melalui program strategis lainnya,” harapnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest