Peliput : Darson

BURANGA, BP – Sebagai langkah mendorong percepatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Buton Utara (Butur), Badan Kesbang Pol setempat menggelar diskusi politik yang bertempat di hotel Sarae, Kamis (20/10).

Diskusi ini mengangkat tema”mendorong percepatan Pilkades serentak untuk mewujudkan pemimpin desa yang lebih baik”menghadirkan pakar politik Sultra Dr. Eka Suaib, M.Si.

Dalam laporannya kepala Kesbang Pol Butur Sirajuddin mengungkapkan latar belakang digelarnya diskusi tersebut berdasarkan pemantauan pihaknya sendiri, makanya digagas tema ini sesuai isu-isu yang krusial dan faktual. Mencarikan solusi agar bagaimana mencari jalan keluar, sehingga permasalahan-permasalahan yang di sebabkan kekosongan di desa agar diselesaikan secepatnya.

“Ini salah satu dasar pola pikir kami, sehingga hari ini kami mengambil tema ialah mendukung dan mendorong percepatan proses pilkades serentak, sehingga kita mengundang pemateri pakar politik Sultra agar lebih memahami tentang politik bagi penyelenggara pemerintahan di daerah,” ungkapnya.

Banyak polemik dimasyarakat disebabkan perbedaan politik sehingga silaturahmi antara keluarga renggang. Oleh karen itu, lanjut Sirajuddin melalui diskusi politik mari dorong percepatan pilkades serentak untuk mewujudkan pemimpin desa yang lebih baik.

Sementara itu, Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan ada dua hal harus dibenahi yang pertama adalah cara pandang penyelenggara pemerintahan dan pelaku politik. Kemudian yang kedua ialah karakter dan integritas penyelenggara pemerintah maupun pelaku politik.

“Saat ini kita berada di tahun momentum dimana cara pandang penyelenggara pemerintahan maupun pelaku politik itu cara pandangnya pendek-pendek, bagi mana mungkin untuk membangun Butur, membangun desa, kalau cara pandang atau jarak pandangnya pendek-pendek,” katanya.

Demikian juga dengan pemerintahan yang dibangun, kalau jarak pandang pendek-pendek mana mungkin membangun daerah ini dengan baik. Dimana dengan menantang perebutan dan persaingan makin hari makin meningkat.
“Saya mengajak semua camat, lurah, kepala desa dan penyelenggara pemerintahan di daerah membangun jarak pandangnya agak jauh kedepan untuk memenangkan persaingan dengan daerah-daerah lain,” imbau Abu Hasan.

Selanjutnya, terang orang nomor satu di Butur ini yang harus dibenahi karakter dan integritas pada penyelenggara pemerintahan. Dengan demikian, dirinya mengajak seluruh penyelenggara pemerintahan untuk merubah cara pandangnya untuk membangun daerah ini.

Terkait Pilkades sendiri, ujar Abu Hasan sebetulnya anggarannya sudah disiapkan untuk tahun ini. “Mudah-mudahan dewan yang terhormat menetapkan peraturan daerah pemilihan kepala desa. Hari ini ditetapkan, hari ini saya buatkan aturan Bupati terkait Pilkades,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kabid politik Kesbang Pol provinsi Sultra Faruddin, Ketua komisi I DPRD Butur Diwan, Kapolsek Kulisusu diwakili Kanit Intel IPTU Sunarton Hafalah, Koramil Kulisusu Mayor Inf.Prasetya, camat, Lurah, para Kades se Butur, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat.(***)