BAUBAU, BP- Kota Baubau secara umum di tahun 2019 lalu mengalami inflasi sebesar 1,3 persen. Hal itu membuktikan perputaran ekonomi di Kota Baubau cukup bagus.

“Soal inflasi, alhamdulillah Baubau di tahun 2019 untuk tingkat inflasinya 1,3 persen,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau Roni Muhtar.

Pencapaian tersebut, kata Roni, mendapat apresiasi dari Bank Indonesia (BI), sebagai mitra pemerintah yang ikut andil pengontrol perputaran ekonomi Indonesia.

“Sehingga hal itu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari BI terhadap apa yg sudah kita capai itu,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Baubau itu.

Di sisi lain, lanjut Roni, capaian tersebut mematahkan stigma negatif masyarakat, yang mengatakan bahwa perputaran ekonomi di Kota Baubau kurang baik.

“Artinya bahwa tidak betul kata orang-orang yang mengatakan bahwa ekonomi di Baubau tidak bergerak, buktinya sudah itu,” terangnya.

Infasi 1,3 persen mencerminkan jika, permintaan akan barang yang akan dibeli masyarakat itu memiliki stok yang memadai di pasaran.

“Inflasinya seperti itu berarti uang yang dimiliki orang Baubau, pas dibelanjakan barang yang mau dibeli nanti, itu tersedia di pasar dengan jumlah yang cukup,” pungkas Roni.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest