Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Kepala Seksi yang membidangi prestasi atlit Dispora Baubau Nusuri mengungkapkan kontingen Baubau Optimis meraih peringkat terbaik dalam pekan olahraga provinsi (Porprov) Sultra yang 14 tahun 2022.

Pernyataan Nusuri itu cukup beralasan karena bercermin dari hasil Porprov 13 Sultra di Kolaka tahun 2018, kontingen Baubau meraih medali 28 emas, 50 perak dan 54 perunggu.

Nusuri

“Dan harapan pemerintah untuk Porprov tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Baubau dan Buton bisa jadi jaura terbaik karena Cabor-cabor yang disiapkan bisa mendulang medali,” ucapnya, ketika ditemui di Kantornya.

Nusuri mengatakan untuk bisa mendapatkan rangkint terbaik maka pihaknya sudah mengestimasi kontingen Kota Baubau harus bisa mendapatkan 70 emas, 90 perak dan 100 perunggu.

“Itu sudah bisa mendapat juara tiga dan paling buruk kita mendapatkan juara empat. Intinya kita perupaya meraih tiga besar pada ajang bergensi di Sultra,” tuturnya.

Untuk Cabor-cabor yang dipersiapkan bisa mendulang emas, pihaknya menaruh harapan pada cabang renang, atletik, angkat besi, angkat berat,e-sport, pencak silat, karate, dan juga cabang takraw. Sementara tinju, kata Nusuri, pada Porrov 2018 Kolaka hanya menyumbang medali perak. “Kita harapkan tahun ini tinju bisa menyumbang 3 medali emas,” tuturnya.

Cabang-cabang bela diri dan atletik, menurut Nusuri, tiga tahun terakhir selalu menorehkan prestasi baik ditingkat Sultra maupun di tingkat nasional. Meskipun demikian, Nusuri tetap mengakui masih ada kendala yang dihadapi setiap cabor untuk bisa menorehkan prestasi.

baca juga: Empat Keluarga di Liwuto Yang Terbakar Rumahnya Terima Bantuan dari Pemkot Baubau

“Kendala tetap ada tapi itu jadi pemicu bagi kita agar cabor cabor itu bisa menorehkan prestasi. Saat ini kita hanya menunggu dari KONI agar mendapatkan dana hibah agar kita mendapatkan pakaian tanding nantinya,” ucapnya.

Ditanya soal bonus atlit, Nusuri megatakan pemerintah telah menyediakan bonus atlit dan pelatih. “Semua sudah ada dalam usulan, namun angka itu akan disampaikan Pemkot melalui Walikota Baubau,” tuturnya. (***)