Pimpinan Bawaslu Provinsi Sultra, Munsir Salam, S. PD, M. AP, dan Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, S. Sos

Peliput : Kasrun

BURANGA,BP-Dengan menerapkan protokol Covid19, Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Buton Utara(Butur) menggelar sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama masyarakat pesisir pada pemilihan Bupati dan wakil bupati buton Utara tahun 2020, Di Aula Gedung Hotel Sara’ea, Kecamatan Kulisusu, pada 7 November 2020.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sultra, Munsir Salam, S. PD, M. AP, dan Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, S. Sos
Pimpinan Bawaslu Provinsi Sultra, Munsir Salam, S. PD, M. AP, dan Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, S. Sos

Dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sultra, Munsir Salam, S. PD, M. AP, dan Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, S. Sos serta masyarakat.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan, Pimpinan Bawaslu Provinsi Munsir Salam, S.Pd. M.AP. mengatakan, untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah mendatang, masyarakat pesisir dapat mengambil peran yang sama dengan kelompok-kelompok masyarakat lokal lainnya dengan mekanisme menetapkan protokol Covid19.

“Protokol Covid19 harus tetap diterapkan,”kata Munsir.

33 hari menjelang pemungutan suara, saat ini merupakan tahapan kampanye yang ketentuannya masyarakat punya hak untuk hadir mengetahui visi misi pasangan calon(Paslon) dan itu merupakan kewajiban yang tleah diatur dalam undang-undang.

Untuk diketahui, kata Munsir, didalam pelaksanaan kampanye, Paslon tidak diperbolehkan menskreditkan pihak lawan atau orang-orang tertentu, materinyapun tidak mengandung hoax, ujaran kebencian dan isu sara.

“Kalau bapak ibu menemukan adanya Paslon yang didalam materi kampanye mengandung ujaran kebencian dan isu sara bapak ibu bisa melaporkannya langsung ke Bawaslu,”ungkap Munsir.

Selain itu, dalam kampanye ada hal-hal yang dilarang antara lain, ASN dilarang terlibat, dilarang melibatkan diri, dilarang dilibatkan oleh para tim kampanye. Karna ASN itu memiliki kode etik.

Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin, S. Sos menambahkan, Bawaslu bukan hanya mengadakan pengawasan saja tetapi ada tanggung jawab dan partisipasi melakukan pengawasan bersama-sama.

Bawaslu memandang, dalam proses demokrasi masyarakat dianggap sama, sehingga di pemilihan nanti tidak ada lagi pemilih yang memilih lebih dari satu kali.

Harapan kami secara kelembagaan setiap pemilih dapat memilih dengan sebaik-baiknya tidak ada paksaan dari perusahaan hak manapun.

“Jangan memilih karna adanya sesuatu hal,”ujarnya.

Hazamuddin menekankan, kepada setiap pemilih bisa menggunakan haknya.

BACA JUGA: Bawaslu Butur Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Peran Serta Lintas Tokoh Di PIlkada 2020

Harapan kedua apabila nanti proses. Apabila melihat pelanggaran yg terjadi disekitar agar melaporkan ke Bawaslu, cobtoh politik uang, adanya ASN yg terlibat. Untuk alat bukti harus dipenuhi jangan melapor hanya karna katanya. Kegiatan ini kami lakukan untuk memberikan pengetahuan tentang larangan dan pelanggaran.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest