BAUBAU, BP- Berdasarkan catatan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Baubau, sudah ada sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan zakat ke pegawainya.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Baznas Baubau H Sahiruddin Udu dalam sambutannya di acara Sosialisasi Surat Edaran Walikota Baubau tentang Penunaian Zakat Infaq dan Shadaqah, di Aula Kantor Walikota Baubau, pada kamis (05/03).

Namun Saharuddin tidak menyebutkan secara detail OPD yang telah melaksanakan zakat tersebut. “Meski belum disosialisasikan tapi ada beberapa yang sudah, sembilan OPD, lima SD dan satu SMA,” ungkapnya.

Antusias beberapa instansi dalam melaksanakan zakat tersebut diapresiasinya. Ia berharap kedepannya, seluruh OPD, camat, dan lurah sudah melaksanakan zakat pegawainya.

“Kita patut apresiasi ini, inshaa Allah di tahun yang akan datang seluruh OPD, camat, lurah dan seluruh stafnya sudah melaksanakan zakat,” harap Saharuddin.

Selain sebagai kewajiban untuk yang beragama Islam, penunaian zakat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau juga dipertegas dengan Surat Edaran Walikota.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita memahami peranan kita sebagai umat islam tentang zakat,” tuturnya.

Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri mempunyai tugas mengolala zakat dari tingkat pusat sampai ke daerah.

Untuk diketahui, besaran zakat yang harus dibayar oleh setiap pegawai pemerintahan adalah 2,5 persen dari pendapatan. (*)

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest