BAUBAU, BP- Tanamkan nilai akhlakul karimah demi terwujudnya karakter (positif-red) siswa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau Abdul Karim imbau masyarakat dapat mengambil peran.

Saat ditemui di ruangan kerjanya pada Rabu (12/02), Karim mengatakan bahwa dalam aspek pendidikan, pembentukan karakter siswa secara umum merupakan tugas, fungsi, dan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Disdikbud Baubau berserta seluruh jajarannya.

Sejauh ini, berdasarkan hasil pantauannya, ia melihat etika dan prilaku siswa tidak ada yang luar biasa, artinya biasa-biasa saja. Tak salah, sebab tidak ada manusia yang sempurna di dunia.

Kendati demikian, ia berpesan kepada seluruh oknum khususnya masyarakat selaku orang tua siswa di rumah maupun di lingkungan agar kiranya dapat mengambil peran dalam melaksanakan pembinaan anak.

” Mereka itukan cuman lima jam saja disekolah, terhitung mulai pukul 7 sampai jam 12 siang. Jadi untuk membentuk karakternya itu tidak sepenuhnya tanggung jawab Disdikbud Baubau dalam hal ini sekolah-sekolah, namun juga oleh lingkungan dan keluarga. Sehingga diharapkan kita bisa bersama-sama membangun karakter siswa,” tegasnya.

Mantan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM PTSP) Kota Baubau ini juga mengakui, masih ada beberapa siswa yang sulit untuk dibina. Namun, ia selalu berpesan kepada pihak sekolah khususnya guru agar tidak mudah putus asa dan harus selalu bersinergi dalam melaksanakan tiga tugas pokoknya yakni mendidik, mengajar, dan melatih.

” Mungkin ada satu-dua siswa, namun kita tetap melakukan pengawasan dan pembinaan agar ketika ada gejala-gejala yah sesegerah mungkin diantisipasi. Dan di sekolah itu ada guru kelas dan guru Bimbingan Konseling (BK),” pungkasnya.

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest